Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu Satu membuka layanan pojok pajak di Kantor Desa Giri Kencana, Kabupaten Bengkulu Utara (Kamis, 24/4). Layanan ini terbuka bagi seluruh wajib pajak, baik orang pribadi maupun badan, yang membutuhkan asistensi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
Kegiatan ini diapresiasi oleh masyarakat setempat. Kantor Desa Giri Kencana tampak dipadati oleh wajib pajak yang telah menerima pemberitahuan sebelumnya mengenai kehadiran pojok pajak. Mereka datang dengan berbagai keperluan, mulai dari pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan hingga aktivasi akun.
"Kami dari perusahaan mau bayar dan lapor SPT," ujar Subroto, salah satu pengurus wajib pajak badan yang datang. Subrioto mengaku kehadiran layanan ini sangat membantu, terutama dalam masa-masa menjelang batas akhir pelaporan SPT tahunan.
Sebagian besar pengunjung datang untuk melaporkan SPT tahunan mereka dan mendapatkan asistensi teknis dari petugas pajak. Masalah yang sering dihadapi wajib pajak di antaranya lupa kata sandi akun DJP Online, lupa atau belum aktivasi EFIN (Electronic Filing Identification Number), serta perubahan alamat surel yang tidak sesuai dengan data yang tercatat di sistem. Ini menjadi hambatan yang sering dialami dan tentunya ditangani langsung oleh petugas di lokasi.
Sejumlah wajib pajak badan juga memanfaatkan layanan ini untuk mengajukan permohonan aktivasi akun Coretax DJP, sistem perpajakan baru yang berlaku per tahun ini. Dalam proses ini, baik badan usaha maupun orang pribadi penanggung jawab perlu mengaktifkan akunnya sebagai bagian dari pemenuhan kewajiban perpajakan secara digital.
"Semalam saya dapat pesan pengingat dari kantor pajak untuk lapor SPT tahunan. Untungnya saya diingatkan karena sebentar lagi akhir April," kata Bastari, salah satu wajib pajak yang telah membawa dokumen lengkap seperti laporan keuangan dan kartu NPWP.
"Dengan mendekatkan layanan seperti ini ke desa-desa, kami berharap, dapat meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak dan memberikan kemudahan akses, khususnya bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kantor pajak. Petugas di lapangan juga memberikan edukasi mengenai pentingnya melaporkan dan membayar pajak tepat waktu, serta manfaat yang dapat dirasakan masyarakat dari pajak yang dikumpulkan," tutup Taufik salah satu Petugas KPP Pratama Bengkulu Satu.
Pewarta: Revanza Almaas |
Kontributor Foto: Taufik Wibisono |
Editor: Meirna Dianingtyas |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 4 kali dilihat