KPP PMA Satu dinobatkan sebagai Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Peringkat Pertama tingkat Kementerian Keuangan tahun 2021. Pengumuman pemenang disampaikan pada acara family gathering peringatan Hari Oeang 2021 yang diselenggarakan di Jakarta (Sabtu, 20/11). 

Rosmauli, Kepala KPP PMA Satu menyatakan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Keuangan. Pada acara morning activity di Aula KPP PMA Satu di Jakarta (Senin, 23/11) Rosmauli menyampaikan rasa syukur sekaligus terima kasih kepada seluruh pegawai, ”Apresiasi bukan untuk diri saya seorang. Penghargaan ini untuk semua pegawai sekaligus untuk seluruh wajib pajak KPP PMA Satu.” Hal tersebut benar adanya, tanpa sinergi dan kolaborasi yang baik tidak hanya antara KPP PMA Satu dengan wajib pajak serta arahan dari Kepala Kanwil DJP Khusus rasanya memang mustahil prestasi ini dapat dicapai.     

Penilaian KPT oleh Kementerian Keuangan merupakan kelanjutan dari penetapan Direktur Jenderal Pajak sebagaimana tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-230/PJ/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Hasil penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Direktur Jenderal Pajak Tahun 2021. Pada seleksi tingkat Kementerian Keuangan, KPP PMA Satu mengikuti penilaian KPT tahun 2021 bersama-sama dengan KPP Pratama Mataram Timur dan KPP Pratama Banjarbaru.

Penetapan Direktur Jenderal Pajak tersebut di atas menyusul prestasi yang diraih KPP PMA Satu pada tahun 2000, yakni sebagai Kantor Pelayanan Terbaik Peringkat Pertama tingkat Kanwil DJP Jakarta Khusus tahun 2020 dan Kantor Pelayanan Terfavorit tahun 2021.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan, penilaian KPT dilaksaanakan setiap tahun sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi dan prestasi dalam rangka percepatan reformasi menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK dan WBBM) dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat.

Penilaian KPT sejatinya sejalan dengan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Hal ini terlihat dari adanya komponen Manajemen Perubahan dan Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai komponen integritas, pada instrumen penilaian.  

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari pelayanan, sarana, prasarana, inovasi, prestasi dan penilaian presentasi serta wawancara yang diakukan di hadapan  tim penilai dari Kementerian Keuangan ditetapkanlah juara KPT untuk unit kerja DJP pada tingkat Kementerian Keuangan tahun 2021. Secara berturut-turut hasil akhir KPT tahun 2021, yakni peringkat pertama KPP PMA Satu, peringkat kedua KPP Pratama Mataram Timur dan peringkat ketiga KPP Pratama Banjarbaru.