Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Temanggung menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula KPP Pratama Temanggung Jl. Dewi Sartika No 7 Temanggung (Selasa, 19/11). Kegiatan FKP dihadiri oleh para wajib pajak pengguna utama layanan perpajakan, instansi pemerintah, akademisi, perwakilan ikatan notaris, dan perwakilan ikatan bidan. Mengusung tema Pelayanan Prima, Penerimaan Pajak Menyala, FKP dibuka oleh Kepala KPP Pratama Temanggung Christijanto Wahju Purwoistijoko.
“Terima kasih saya ucapkan atas waktu yang telah diluangkan Bapak dan Ibu sekalian untuk menghadiri kegiatan ini. Forum Konsultasi Publik kami laksanakan sebagai salah satu wadah untuk menampung pendapat ataupun masukan dari wajib pajak dan para stakeholder dalam rangka memberikan pelayan yang lebih baik di KPP Pratama Temanggung. Kegiatan ini akan rutin kami laksanakan,” kata Christ dalam sambutannya.
Kegaiatan FKP dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai permohonan Pemindahbukuan (Pbk), pengembalian pendahuluan dan validasi atas Pengalihan Hak atas Tanah dan Bangunan (PHTB). Penyuluh Pajak KPP Pratama Temanggung Ikhsan Abdul Nafi’u dan Satriya Wicaksana secara bergantian menyampaikan materi.
Saat sesi dengar pendapat dan diskusi, para peserta menyampaikan saran perbaikan, kendala, tantangan dan pengalamannya sebagai pengguna layanan perpajakan di KPP Pratama Temanggung dan layanan perpajakan secara umum di Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
“Untuk pendaftaran NPWP, saya menyarankan untuk bisa diadakan mobil pajak keliling untuk memfasilitasi calon pendaftar NPWP yang tidak bisa datang ke KPP dan tidak bisa menggunakan sistem pendaftaran online,” ucap Hanung, perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung.
Seluruh usulan, pendapat dan saran perbaikan dari peserta kegiatan FKP mendapat tanggapan dari kepala kantor dan penyuluh pajak untuk kemudian dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani bersama.
Christ berharap melalui kegiatan ini terdapat pemahaman dan solusi antara KPP Pratama Temanggung dan para pengguna layanan sehingga dapat diperoleh kebijakan perpajakan yang efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan publik yang prima.
Pewarta: Khoirunnisa Bekti Gunarti |
Kontributor Foto: Khoirunnisa Bekti Gunarti |
Editor: Waruno Suryohadi |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 10 kali dilihat