Mendekati akhir Maret, masyarakat antusias lapor Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan dengan meramaikan stan pojok pajak dari pagi hingga malam hari di Bencoolen Mall, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu (Minggu, 17/3).

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama menggelar pojok pajak yang berlokasi di depan Matahari Store di 1st floor Bencoolen Mall. Pojok pajak diadakan setiap akhir pekan, dari pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam. Terdapat dua orang petugas pajak yang menjaga stan tersebut untuk melayani wajib pajak mengenai urusan perpajakannya. Pelayanan yang diberikan dalam pojok pajak ini terfokus pada asistensi pelaporan SPT tahunan, lupa dan aktivasi EFIN (Electronic Filing Identification Number), dan konsultasi.

Masyarakat yang awalnya berbelanja kemudian teringat akan kewajibannya yang belum terpenuhi. Hal ini disampaikan oleh Irma, salah satu wajib pajak yang mampir untuk asistensi pelaporan SPT tahunan bersama suami. “Saya jadi ingat belum lapor SPT. Bagus sekali ada stan seperti ini sehingga kami tidak perlu repot ke kantor pajak untuk konsultasi,” ujar Irma ketika sedang dilayani. Hal yang sama juga diungkapkan oleh karyawan Bencoolen Mall, Dandi, yang mengunjungi pojok pajak bersama kawannya. Dia mengaku melupakan EFIN-nya.

Setelah mengisi presensi dan terlayani, wajib pajak akan diberikan cenderamata atau merchandise yang beraneka ragam. Hal ini dilakukan oleh petugas pajak sebagai ucapan terima kasih dan supaya memberikan antusiasme yang tinggi kepada wajib pajak untuk tidak ragu-ragu menunaikan segera kewajiban perpajakan mereka.

“Kami buka pelayanan di sini bulan ini setiap Sabtu dan Minggu ya Kak,” tutur Hanna ketika memberikan pelayanan. Hanna berharap, masyarakat akan merasa terbantu dengan adanya pojok pajak sehingga kepatuhan akan terus meningkat.

 

Pewarta: Revanza Almaas
Kontributor Foto: tim dokumentasi
Editor: Imam Dharmawan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.