
Pelaksanaan Business Development Service (BDS) KPP Pratama Lamongan menghadirkan tema 'Membangun Wirausaha Tangguh dan Mandiri' di Aula lantai 3 KPP Pratama Lamongan (Selasa, 23/7). Acara diikuti oleh 73 peserta dari pelaku UMKM di bawah naungan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, serta komunitas PELITA UMKM Lamongan. Sebagai narasumber menghadirkan Dr. Hj. Sri Wahyuni Mega H., Dra., M.Si., daro Lembaga Konsultan UMKM "Payameda Jaya" Jawa Timur.
Acara yang dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Timur II, Lusiani ini mempunyai tujuan akhir untuk mewujudkan kesadaran teman-teman UMKM di seluruh Indonesia dalam melaksakan kewajiban perpajakannya. "BDS ini dilaksankan secara berkesinambungan dengan memberikan pendampingan kepada teman UMKM sehingga usaha semakin maju. Jika usaha UMKM, maka laba yang diperoleh semakin besar dan pada akhirnya jumlah pajak yang dibayar juga meningkat," tambah Lusiani pada sambutannya.
Hadir pula perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan yang diwakili oleh Kepala Seksi Standarisasi dan Pemasaran Produk. Ia mempunyai harapan agar teman-teman UMKM tidak alergi dengan pajak, dan mengusulkan agar produk-produk unggulan UMKM bisa mendapatkan etalase di KPP Pratama Lamongan sebagai media pemasaran kepada khalayak lebih luas.
Dalam kesempatan itu juga diserahkan plakat dari Kanwil DJP Jawa Timur II kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, kepada narasumber, dan PELITA UMKM Lamongan. Selanjutnya pemaparan materi 'Manfaat Pajak' dari Tim Kanwil DJP Jawa Timur II, dan disambung dengan materi 'Membangun Wirausaha Mandiri dan Tangguh' dari narasumber Konsultan UMKM.
Materi 'Membangun Wirausaha Tangguh dan Mandiri' oleh Ibu Mega berisikan tentang bagaimana menjadi wirausaha yang tidak mudah putus asa meskipun pada saat usaha sedang menurun. Selain itu pula disampaikan upaya agar usaha bisa cepat berkembang, mulai dari tata cara berfikir, bagaimana mengetahui produk yang diinginkan konsumen, bagaimana mengelola keuangan usaha dan rumah tangga, serta bagaimana mendapatkan mitra yang baik, serta pemasaran yang tepat. (AP)
- 61 kali dilihat