Yul Heriawan selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bontang melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Konsultasi Publik KPP Pratama Bontang di Ruang IHT KPP Pratama Bontang, Kota Bontang (Kamis, 22/8).

Tujuan penyelenggaran kegiatan Forum Konsultasi Publik adalah untuk memperoleh pemahaman hingga solusi, antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat, sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Mengawali forum tersebut, Kepala KPP Pratama Bontang Yul Heriawan memberikan sambutan sekaligus memaparkan layanan perpajakan sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2022 tentang Standar Pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

"Pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat harus bisa diakses dengan cepat, bagus, mudah dalam penggunaannya, serta terukur, sehingga kita bisa memberikan kepastian kepada masyarakat. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat kepada kita meningkat juga," ujar Yul Heriawan.

Turut hadir juga perwakilan dari pengguna layanan, ahli/pakar/akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/Non-Govermental Organization (NGO), tokoh masyarakat, dan media masa serta relawan pajak di wilayah Kota Bontang.

Kegiatan FKP diselenggarakan dengan komunikasi dua arah, dimana masyarakat dapat mengusulkan, memberikan masukan, dan saran kepada penyelenggara pelayanan publik atas layanan yang diterima selaku pengguna layanan.

Selanjutnya seluruh kesepakatan dan tindak lanjut hasil forum tersebut ditandatangani  oleh perwakilan peserta FKP yaitu Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Inspektorat Jenderal (Itjen) Kota Bontang, Perwakilan PT Pupuk Kalimantan Timur, Ketua Ikatan Notaris Kota Bontang, Ketua Pengurus Hotel dan Restoran Indonesia Kota Bontang, dan perwakilan PT Kaltim Multi Boga Utama dalam sebuah Berita Acara Forum Konsultasi Publik.

Secara umum, umpan balik terkait standar layanan dan inovasi layanan yang diberikan oleh KPP Pratama Bontang mendapatkan apresiasi dan tanggapan positif dari peserta FKP. Hasil dari FKP akan ditindaklanjuti segera untuk menyelaraskan kemampuan KPP Pratama Bontang dengan harapan masyarakat di wilayah Kota Bontang.

Dengan adanya kegiatan ini, KPP Pratama Bontang berharap dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas layanan KPP Pratama Bontang.

Pewarta: Selestina Aurilla Putri Hapsari
Kontributor Foto: Selestina Aurilla Putri Hapsari
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.