Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Kebon Jeruk Satu menyelenggarakan kelas pajak untuk para karyawan dari PT Win Maritim. Kelas pajak ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting bertempat di kantor PT Win Maritim, Jalan Raya Kebayoran Lama, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Selasa, 5/3). Kelas pajak pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi dan pemadanan NIK menjadi NPWP ini diikuti oleh 40 karyawan PT Win Maritim.

Acara kelas pajak dibuka oleh Arief Dermawan selaku Head of Corporate Tax Dept. PT Win Maritim. Dalam sambutannya, Arief Darmawan mengatakan bahwa ia berharap seluruh karyawan PT Win Maritim dapat menyimak kelas pajak ini sebaik-baiknya sehingga ke depannya dapat melaksanakan kewajiban perpajakan masing-masing dengan baik dan benar. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Satu Sevta Winanda.

Setelah itu, materi kelas pajak dibawakan oleh Tim Penyuluh KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Satu Erfie dan Saramita. Pada sesi pertama, materi yang disampaikan adalah cara mengisi dan melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi setelah mendapatkan bukti potong 1721-A1. “Bukti potong 1721-A1 adalah dasar wajib pajak untuk melakukan pengisian dan pelaporan SPT Tahunannya sendiri. Diinformasikan pula bahwa batas untuk penyampaian SPT Tahunan Orang pribadi adalah sampai dengan 31 Maret,” ujar Erfie.

Pada Sesi kedua, Saramita melanjutkan dengan memaparkan terkait cara melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP secara mandiri melalui laman https://djponline.pajak.go.id atau www.pajak.go.id. ‘’Jika sampai batas waktu pemadanan NIK yaitu tanggal 30 Juni 2024 wajib pajak belum melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP, maka wajib pajak tersebut tidak bisa menggunakan layanan yang berhubungan dengan NPWP,” imbuh Saramita.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dipandu Erfie dan Saramita. Sesi tanya jawab merupakan penutup dari rangkaian kelas pajak pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi serta pemadanan NIK menjadi NPWP.

Kelas pajak ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan panduan langkah-langkah pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi kepada para peserta. informasi bahwa mulai 1 Juli 2024 NPWP format 15 digit sudah tidak digunakan lagi dan akan beralih ke NPWP format 16 digit yaitu menggunakan NIK. Sevta mengatakan bahwa ia berharap setelah mengikuti kelas pajak ini karyawan dapat mengisi dan melaporkan SPT Tahunannya secara benar, lengkap, dan jelas serta dapat melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP secara mandiri sebelum batas waktu berakhir.

Pewarta:Erfie R
Kontributor Foto: Saramita O
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.