Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Badung Selatan melaksanakan verifikasi lapangan atas permohonan aktivasi akun Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Pecatu, Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali (Jumat, 22/3). Wajib pajak yang dikunjungi tim KPP Pratama Badung Selatan bergerak di bidang jasa konstruksi yang pemasarannya dilakukan secara online.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena merupakan prosedur standar dalam layanan kepada wajib pajak yang mengajukan permohonan pengukuhan sebagai PKP,” ungkap Marfuatim Mutho Haroh, pegawai KPP Badung Selatan.

“Selain untuk memastikan kesesuaian data yang diajukan wajib pajak, tujuan verifikasi lapangan adalah dalam rangka memberikan edukasi terhadap wajib pajak bersangkutan mengenai hak dan kewajiban perpajakan setelah dikukuhkan sebagai PKP,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga menanyakan terkait jumlah karyawan Wajib Pajak yang tertulis dalam analisis profiling. “Untuk karyawan kami memang belum memiliki karyawan karena sepenuhnya ini di handle oleh saya selaku direktur. Karena usaha kami bergerak di bidang jasa konsultasi pembangunan villa dan pemasarannya pun dilakukan secara online melalui website. Tarif jasa sendiri dibandrol dari harga jual produk yakni sebesar 20% dari harga jual produk,” ujar Direktur Wajib Pajak yang merupakan WNA.

Setelah melakukan sesi wawancara dengan direktur dan konsultan pajak yang hadir, petugas pemberian penjelasan kepada wajib pajak tentang hak dan kewajiban perpajakan setelah dikukuhkan sebagai PKP, tata cara aktivasi akun PKP, dokumentasi terkait lokasi usaha wajib pajak, kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pengukuhan PKP dengan verifikasi lapangan diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk memastikan kebenaran usaha dan lokasi Wajib Pajak. Selain itu, pemberian edukasi mengenai hak dan kewajiban PKP yang dilakukan secara langsung diharapkan dapat menambah kesadaran Wajib Pajak mengenai hak dan kewajiban yang dimiliki setelah dikukuhkan sebagai PKP.

 

Pewarta: Nurfajril Wafita Ihza
Kontributor Foto: Marfuatim Mutho Haroh
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.