Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Mamasa membuat inovasi dengan meluncurkan layanan pajak via aplikasi whatsapp (Senin, 22/10). Layanan ini berfungsi untuk memberikan kemudahan pada wajib pajak. Beragam fasilitas diberikan layanan pajak via whatsapp ini, antara lain untuk pembuatan kode billing, konsultasi pajak hingga pengecekan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Pekembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk terus berpacu meningkatkan kemampuan agar tidak tertinggal. Setiap harinya teknologi baru terus bermunculan, mulai dari teknologi informasi, teknologi transportasi, hingga teknologi industri, tujuannya satu yaitu untuk terus memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Merespon penggunaan teknologi yang semakin maju, maka KP2KP Mamasa melucurkan layanan perpajakan via aplikasi whatsapp.
Fungsi utama dari KP2KP Mamasa ialah pelayanan, sehingga memberikan pelayanan yang baik dan prima sudah menjadi kewajiban dari setiap pegawai. Pelayanan yang diberikan dapat berupa edukasi, pemenuhan kewajiban, dan konsultasi namun hambatan jarak dan waktu, serta infrastruktur jalan yang masih buruk menjadikan proses pelayanan di KP2KP Mamasa menjadi kurang maksimal. “Saya perjalanan ke sini Pak itu butuh waktu 3 jam dari desa saya, setelah sampai di sini, saya baru mengetahui bahwa dokumen yang saya bawa tidak lengkap” tutur salah satu Wajib Pajak yang ingin membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Teknologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan paraktis dalam menyediakan barang yang diperlukan untuk kelangsungan hidup. Sedangkan menurut Manuel Castells teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan. Ini berarti kegiatan yang berulang membutuhkan suatu metode atau prosedur sehingga dapat memperoleh kebutuhan secara praktis yang inilah yang disebut dengan teknologi. Pemberian informasi yang cepat dan akses yang mudah menjadi poin plus dari penggunaan teknologi. Teknologi juga dapat memangkas jarak dan waktu karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
Dapat disimpulkan teknologi merupakan jawaban dari permasalahan yang sering terjadi di KP2KP Mamasa. Maka dari itu peluncuran layanan perpajakan via aplikasi WhatsUp sudah sangat sesuai dengan kondisi yang ada di KP2KP Mamasa. Wajib Pajak tidak perlu lagi menempuh perjalanan panjang yang menguras tenaga tanpa menghasilkan apapun, informasi mengenai kelengkapan berkas bisa diberitahukan kepada Wajib Pajak terlebih dahulu. Wajib Pajak juga dapat melaksanakan pemenuhan kewajiban seperti pembayaran, pembuatan kode billing dapat dilakukan dengan memberikan informasi Nomor Pokok Wajib Pajak, jenis pajak, dan nominal yang ingin dibayarkan. Serta Wajib Pajak dapat berkonsultasi mengenai segala hal seputar perpajakan, baik berupa ketentuan yang masih belum dipahami ataupun informasi baru yang ingin diketahui.
- 282 kali dilihat