Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Cengkareng melaksanakan koordinasi dalam mengawal kepatuhan SPT Tahunan ke Kantor Kecamatan Cengkareng di Jalan Syekh Junaid Al Batawi Nomor 1, Cengkareng, Jakarta Barat (Senin, 5/2).

Tim KPP Pratama Jakarta Cengkareng yang terdiri dari Kepala Seksi Pelayanan Mochamad Yani, Kepala Seksi Pengawasan II Gir Sunarto, dan Kepala Seksi Pengawasan III Handra Herpasetyaningtyas menyampaikan maksud serta tujuan kunjungan dalam rangka koordinasi dan permintaan dukungan terhadap beberapa kegiatan edukasi perpajakan kepada Wakil Camat Kecamatan Cengkareng Suhardin. Yani menyampaikan bahwa KPP Pratama Jakarta Cengkareng berencana akan menyelenggarakan kegiatan layanan di luar kantor berupa asistensi pengisian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) dengan sasaran kegiatan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kecamatan Cengkareng dan warga sekitar kantor kelurahan di wilayah kerja Kecamatan Cengkareng. Selain kegiatan tersebut serta kegiatan Business Development Service (BDS) yang merupakan hasil kolaborasi antara Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Kota Administrasi Jakarta Barat dengan KPP Pratama Jakarta Cengkareng.

Kepada Suhardin, Handra menyampaikan bahwa KPP Pratama Jakarta Cengkareng akan senantiasa melakukan upaya untuk meningkatkan tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan. “Selain mengirim pesan imbauan melalui WhatsApp Blast kepada Wajib Pajak Orang Pribadi dan Surat Dinas kepada para pemberi kerja, KPP Pratama Jakarta Cengkareng juga akan menyelenggarakan kegiatan asistensi pengisian SPT Tahunan baik di kantor sendiri maupun 'jemput bola' di seluruh kantor kelurahan yang berada pada wilayah kerja KPP Pratama Jakarta Cengkareng,” ungkap Handra.

Selanjutnya, Gir Sunanto melengkapi penjelasan Hendra. “Sebelum menyelenggarakan kegiatan asistensi pengisian SPT Tahunan, kami perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah setempat. Dengan kesediaan camat dan lurah dalam memfasilitasi sarana dan prasarana dalam kegiatan asistensi tersebut, itu sangat membantu terlaksananya program 'jemput bola' asistensi pengisian SPT Tahunan ini,” tuturnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Suhardin menyatakan siap untuk membantu apa pun yang diperlukan baik itu sarana maupun prasarana yang dibutuhkan. Lebih lanjut, Suhardin berujar bahwa Tim KPP Pratama Jakarta Cengkareng akan disediakan waktu serta tempat untuk melakukan kegiatan asistensi pengisian SPT Tahunan di masing-masing kantor kelurahan yang berada pada wilayah kerja KPP Pratama Jakarta Cengkareng.

“Apabila ada hal-hal yang berkaitan dengan SPT dan perpajakan, barangkali ada teman teman kami baik ASN yang ada di kecamatan maupun kelurahan, juga nanti dari RT RW yang membutuhkan informasi khususnya input-an atau laporan SPT kami mohon kepada temen-temen dari kantor pajak untuk memberikan informasi melalui pak lurah. Saya sarankan dibuatkan jadwal agar Bapak dan Ibu bisa memberikan informasi melalui RT dan RW. Diusahakan harus sosialisasi, yang seperti ini, kan, 'jemput bola'” ungkapnya mengarahkan kepada masing-masing lurah menindaklanjuti permintaan dari KPP Pratama Jakarta Cengkareng.

Kegiatan koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak, khususnya terkait penyampaian SPT Tahunan PPh.

Pewarta: Abdus Salam
Kontributor Foto: Abdus Salam
Editor: 

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.