Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung kembali menggelar survei kepuasan masyarakat untuk periode penilaian triwulan III 2024. Survei dilaksanakan di KPP Madya Bandung, Jalan Asia Afrika No. 114 Kota Bandung (Senin, 30/9). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap triwulan untuk menilai kepuasan wajib pajak atas pelayanan serta efektivitas penyuluhan yang diberikan oleh KPP Madya Bandung.

Survei diikuti oleh wajib pajak yang menerima layanan secara langsung di KPP Madya Bandung pada bulan Juli sampai dengan September 2024. Sebanyak 71 wajib pajak ikut serta dalam survei kepuasan pelayanan dan 472 wajib pajak menjadi responden atas survei efektivitas penyuluhan.

Dari survei yang dilakukan tersebut, KPP Madya Bandung memperoleh indeks kepuasan pelayanan sebesar 94,25 serta indeks efektivitas penyuluhan sebesar 90,00 dengan skala 0 sampai 100.

“Hasil ini menunjukkan adanya komitmen KPP Madya Bandung untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak,” ucap Kepala Seksi Pelayanan Meimon Putrama Amda.

Meimon menambahkan, bahwa survei dilaksanakan berdasarkan berbagai aspek pelayanan yang diterima oleh wajib pajak, diantaranya: kesesuaian persyaratan, kemudahan prosedur, kecepatan layanan, kesesuaian produk, kemampuan petugas, sarana prasarana, saluran pengaduan, serta ada tidaknya pemungutan biaya atas layanan yang diberikan.

Adapun efektivitas penyuluhan dinilai berdasarkan kesesuaian materi penyuluhan dengan kebutuhan, mudah dipahami atau tidaknya materi penyuluhan yang disampaikan, komunikasi penyuluh, kemampuan penyuluh dalam menjawab pertanyaan, profesionalisme penyuluh dalam berpenampilan, dan sarana prasarana penyuluhan,” ungkap Meimon

Pengisian survey, sambungnya, dilakukan melalui sarana office form yang dapat diakses oleh wajib pajak dengan cara memindai barcode yang berisi tautan pengisian survei yang telah dipasang di area loket TPT dan loket Helpdesk.

“Kami terus berupaya meningkatkan kinerja untuk dapat melayani wajib pajak sebaik mungkin,” pungkas Meimon.

Pelaksanaan survei ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan wajib pajak untuk KPP Madya Bandung dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM).

 

Pewarta: Hilman Faturrochman
Kontributor Foto: Faizal Syamsul Hadi
Editor: Fanzi SF

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.