Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) bertempat di Aula KPP Pratama Bantul, Kabupaten Bantul (Selasa, 24/6). Forum yang mengusung tema "Transformasi Perpajakan: Wajah Baru Pelayanan" bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

Kegiatan FKP ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, yaitu akademisi, praktisi, asosiasi, masyarakat umum, pengguna layanan, dan media. Keterlibatan para pemangku kepentingan ini menjadi wujud nyata semangat kolaboratif dalam perbaikan berkelanjutan layanan perpajakan.

Dalam sambutannya, Kepala KPP Pratama Bantul, Ida Ernawati, menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam mendukung peningkatan budaya integritas di lingkungan Kementerian Keuangan. Ia menegaskan bahwa seluruh pegawai atau penyelenggara negara wajib menolak segala bentuk gratifikasi serta wajib melaporkan baik penolakan maupun penerimaan gratifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut, Ida menyampaikan capaian membanggakan KPP Pratama Bantul yang pada tahun 2024 berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK). Pencapaian tersebut menjadi pondasi penting dalam melanjutkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM).

Usai sesi pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terbuka antara KPP Pratama Bantul dan para peserta forum. Dalam sesi ini, para undangan diberi kesempatan untuk menyampaikan berbagai persoalan dan masukan terkait pelaksanaan kewajiban perpajakan. Salah satu masukan disampaikan oleh Sri Wahyono, perwakilan dari kantor notaris, yang mengungkapkan kendala dalam pengurusan validasi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

“Kami kesulitan dalam pengajuan validasi pengalihan tanah dan/atau bangunan, seperti NPWP tidak terdaftar, NTPN telah terpakai, serta proses pemindahbukuan dan pengembalian pajak yang seharusnya tidak terutang,” jelas Wahyono.

KPP Pratama Bantul berharap kegiatan Forum Konsultasi Publik ini dapat dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk komitmen nyata dalam membangun pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Pewarta: Nur Indah Cahyani
Kontributor Foto: Dio Aji Mahondri
Editor:Wiwin Nurbiyati

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.