Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Badan dan Orang Asing berkomitmen untuk memberdayakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar lingkungan Kompleks Pajak Kalibata.

“Salah satunya melalui penyelenggaraan Bazar UMKM pada bulan April 2024 lalu,” kata Kepala KPP Rina Lisnawati saat ditemui di ruang kerjanya di Lantai 2, KPP Badan dan Orang Asing, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan (Senin, 6/5).

Rina menambahkan, kegiatan selama dua hari pada 18-19 April 2024 ini terselenggara berkat kerja sama seluruh KPP yang ada di Kompleks Pajak Kalibata dan bimbingan Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus.

Bazar UMKM, menurut Rina, merupakan bentuk respons dan tanggung jawab sosial KPP Badan dan Orang Asing terhadap lingkungan sekitar dan menjadi program kerja tahunan Tim CSR (Corporate Social Responsibility) KPP Badan dan Orang Asing yang mencakup berbagai target aspek seperti kegiatan sosial keagamaan, pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial kepada para ASN dan PPNPN, dan termasuk di dalamnya kesehatan pegawai, serta pemberdayaan dan pengembangan UMKM.

“Acara Bazar UMKM menjadi wujud pendampingan kami terhadap pelaku UMKM, sekaligus membuka alternatif pemasaran bagi pelaku UMKM penjual tanaman hias yang telah lama menjadi mitra kami dan juga untuk pelaku UMKM aneka jenis usaha di Kecamatan Pancoran binaan KPP dan Jakpreneur,” jelas Rina.

Rina menjelaskan, sarana pemasaran dalam Bazar UMKM ini berbasis media digital (digitalisasi). Oleh karena itu, kegiatan ini mengambil tema “Melalui Digitalisasi, UMKM Naik Kelas”. “Dengan acara ini, kami juga memaksimalkan upaya pemasaran berbasis komunikasi berjejaring yang bertujuan untuk peningkatan pemasaran produk UMKM tersebut khususnya pangsa pasar tanaman hias, aneka produk olahan makanan minuman, serta aneka produk kerajinan UMKM dari wilayah Kecamatan Pancoran,” tambah Rina.

Seperti diketahui, Bazar UMKM diselenggarakan di area lapangan basket Kompleks Pajak Kalibata diikuti oleh 28 partisipan pelaku UMKM, seperti Nadya Florist, MTH Foods, Sonya Gourmet, Pawonrasa, Lila Resto, dan Mamayumyum.

“Penyelenggaraan acara ini berkolaborasi dengan Satuan Pelaksana Jakpreneur Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah yang diketuai oleh Ibu Kusdianti selaku Koordinator Jakpreneur di wilayah Kecamatan Pancoran,” kata Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal KPP Badan dan Orang Asing Hidayat Putra Jaya. “Dokumentasi kegiatan bisa dilihat lebih lanjut di laman Youtube KPP Badan dan Orang Asing,” kata Hidayat.

 

 

Pewarta: RA
Kontributor Foto: Tim Media Sosial dan Konten KPP Badan dan Orang Asing
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.