Buku “Insentif Pajak Pandemi COVID-19, Pemulihan Ekonomi dan Dinamika di Balik Layar Program Insentif Pajak” merupakan buku ke-2 dari buku tentang Insentif Pajak untuk Pemulihan Ekonomi Nasional. 


Dalam Buku Insentif Pajak PEN 2020 sebelumnya, topik pembahasan meliputi tantangan perekonomian dan penerimaan akibat pandemi, serta intervensi insentif pajak yang diberikan sebagai salah satu bentuk respons kebijakan fiskal. Buku Insentif Pajak PEN 2021 ini menjadi catatan kelanjutan perjalanan insentif pajak di tahun 2021.


Pengalaman pemberian insentif pajak di masa pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa kebijakan pajak dapat berperan penting dalam mendukung pelaku usaha di saat krisis. Sebagai bagian dari program PEN, kebijakan pajak dapat berperan lebih, tidak hanya sebagai instrumen dukungan dunia usaha dan UMKM. 


Insentif pajak ternyata dapat digunakan sebagai bagian dari dukungan fiskal untuk membantu daya beli masyarakat, misalnya berupa PPh 21 DTP. Selain itu, insentif pajak juga turut berperan dalam upaya penanggulangan pandemi, misalnya melalui fasilitas pajak pembebasan impor alat kesehatan, obat-obatan, dan vaksin.


Dalam buku ini Anda dapat melihat bagaimana pajak dapat berfungsi selain sebagai sumber pendapatan negara, tetapi juga sebagai alat intervensi ekonomi. Fokus pertama adalah tentang kebijakan pemberian insentif yang optimal sehingga sejalan dengan prinsip umum implementasi stimulus: timely, targeted, dan temporary (3T). 


Fokus berikutnya adalah tentang cerita di balik layar dari para pemangku kebijakan dalam proses pembuatan peraturan, mitigasi risiko hingga cerita tentang pembuatan layanan yang sudah terdigitalisasi. Banyak cerita menarik dan dapat dijadikan pelajaran dari cerita-cerita di balik layar ini.


Selamat membaca!

 

 

Unduh Buku Insentif Pajak Pandemi Covid-19