Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari melakukan kegiatan canvassing dan penyuluhan yang menargetkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM (Selasa, 16/7). Kegiatan ini dilaksanakan oleh tujuh orang pegawai di kompleks kios yang berada di sepanjang Jalan Drs. H. Abdullah Silondae, Mandonga, Kota Kendari.

Kegiatan canvassing ini bertujuan untuk mengetahui realita data terkait aktivitas, potensi, dan profil usaha secara holistik dari para pelaku UMKM. Data yang dimaksud dapat berupa omzet, jenis produk, biodata usahawan, nomor pokok wajib pajak (NPWP) atau nomor induk kependudukan (NIK), modal usaha, nomor telepon, mitra usaha, jumlah pegawai, daftar harta, dan status kepemilikan bangunan. Pkegiatan canvassing ini juga disisipkan dengan kegiatan penyuluhan secara langsung guna memberikan informasi dan peringatan kepada para pelaku UMKM terkait pemenuhan kewajiban perpajakannya.

KPP Pratama Kendari menjelaskan mengenai tujuan pelaksanaan kegiatan ini. “Lewat kegiatan canvassing diikuti dengan penyuluhan langsung ini, kami berharap dapat memperkaya basis data, menggali potensi pajak, dan memberikan kesadaran secara penuh kepada puluhan pemilik kios di Jalan Drs. H. Abdullah Silondae ini supaya lebih patuh pajak," tutur Zain, salah satu pegawai yang diterjunkan dalam kegiatan ini.

"Selama canvassing, kami selalu mengimbau pelaku UMKM yang belum mempunyai NPWP agar segera mendaftar NPWP secara online lewat gawai dan e-mail di laman ereg.pajak.go.id. Sedangkan bagi pelaku UMKM yang sudah terdaftar memiliki NPWP, kami mendorong supaya lebih disiplin dalam melaksanakan kewajiban sesuai peraturan perpajakan yang benar,” lanjut Zain.

Pegawai KPP Pratama Kendari Nurlina yang juga terlibat dalam kegiatan ini pun menyampaikan harapannya agar pelaksanaan canvassing turut memberikan dampak positif terhadap tingkat kepatuhan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

“Untuk KPP Pratama Kendari, tingkat pelaporan SPT Tahunan dalam periode ini harus dimaksimalkan, sehingga memerlukan terobosan yang ampuh. Salah satunya adalah dengan mengadakan canvassing dan penyuluhan seperti yang kami lakukan saat ini. Penyuluhan dengan mendatangi pelaku UMKM ini dirasa lebih efektif karena informasi diterima langsung dari lapangan sehingga kami bisa memberikan materi penyuluhan secara akurat sesuai kebutuhan mereka,” pungkasnya.

Pewarta: Wirawan
Kontributor Foto: Intan
Editor: Muhammad Irfan Nashih

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.