Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batam Utara menyambangi Harris Resort Barelang Batam, Kepulauan Riau untuk asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan (Kamis, 22/2). Kegiatan dilangsungkan di aula Harris Resort Barelang dan diikuti tidak kurang dari 30 karyawan resort tersebut.
Kegiatan ini merupakan salah satu dari aksi ‘jemput bola’ dalam rangka peningkatan kepatuhan pelaporan SPT Tahunan. Tim Penyuluh memandu peserta kegiatan untuk melaporkan SPT Tahunan melalui djponline secara serentak dan membantu peserta kegiatan yang mengalami kendala, baik kendala jaringan maupun kendala gawai yang digunakan. Tim Penyuluh juga menjelaskan tentang data yang diperlukan untuk mengisi SPT dan alasan data-data tersebut dibutuhkan, agar wajib pajak terdorong untuk melakukan pengisian SPT dengan benar, lengkap, dan jelas.
Penyuluh Pajak Mitra Pratama menyampaikan bahwa sebenarnya sudah banyak wajib pajak yang tahu tentang sarana pelaporan SPT Tahunan melalui djponline. Hanya saja terkadang wajib pajak bingung kolom mana saja dari formulir yang harus diisi, dan kendala jaringan juga terkadang menghambat wajib pajak sehingga wajib pajak menunda pelaporan SPT Tahunannya. “Untuk mempercepat pelaporan SPT Tahunan, kita ‘jemput bola’ langsung ke tempat wajib pajak, sekaligus mengajarkan cara melaporkan SPT Tahunan secara online supaya ke depannya wajib pajak tidak lagi kebingungan saat mau lapor,” ujar Mitra.
Selain kegiatan pelaporan SPT Tahunan, Tim Penyuluh Pajak juga mengingatkan peserta kegiatan untuk memadankan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui aplikasi djponline agar proses pemadanan NIK sebagai NPWP hingga akhir Juni 2024 ini juga dapat berjalan dengan baik.
#LebihAwalLebihNyaman.
- 12 views