Palu, 6 Januari 2022 - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu mencatat realisasi penerimaan pajak tahun 2022 hingga 31 Desember 2022 sebesar Rp1,94 triliun atau sebesar 125,36% dari target penerimaan pajak tahun 2022 yang dibebankan sebesar Rp1,55 triliun. Realisasi pencapaian penerimaan pajak di tahun 2022 ini mengalami pertumbuhan sebesar 32,29% dari realisasi penerimaan pajak tahun 2021.
Pencapaian penerimaan pajak KPP Pratama Palu yang lebih dari 100% ini sebagian besar berasal dari 5 (lima) sektor usaha, dengan rincian sebagai berikut:
- Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor dengan penerimaan Rp676,94 miliar;
- Administrasi Pemerintahan dan Jaminan Sosial Wajib dengan penerimaan Rp565,54 miliar;
- Jasa Keuangan dan Asuransi dengan penerimaan Rp203,61 miliar;
- Konstruksi dengan penerimaan Rp118,38 miliar; dan
- Kegiatan Jasa Lainnya dengan penerimaan Rp87,52 miliar.
Selain tercapainya penerimaan pajak tahun 2022, KPP Pratama Palu juga berhasil mencapai target Tingkat Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan tahun pajak 2022 sebanyak 75.308 SPT atau sebesar 113,59% dari sebesar 66.297 SPT.
Atas seluruh pencapaian tersebut, Kepala KPP Pratama Palu Bangun Nur Cahya Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan secara langsung maupun tidak langsung dalam pencapaian target penerimaan pajak tahun 2022.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada wajib pajak yang telah memenuhi kewajiban perpajakannya. Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang telah mendukung kinerja KPP Pratama Palu baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk jajaran pemerintah daerah, perwakilan daerah, asosiasi-asosiasi usaha, pihak perbankan, dan teman-teman media sehingga memudahkan kami dalam mencapai target penerimaan yang ditetapkan. Tanpa dukungan dari berbagai pihak, target penerimaan yang dibebankan kepada KPP Pratama Palu akan sulit tercapai terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” ucap Bangun.
Tahun 2022 ini merupakan tahun prestasi bagi KPP Pratama Palu, karena berbagai prestasi telah diraih di tahun ini diantaranya predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkup Kementerian/Lembaga Khusus Tahun 2022 dalam program Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh KemenPANRB. Penghargaan yang diperoleh tersebut diharapkan dapat menjadi semangat dan motivasi semua pihak untuk tetap menjunjung tinggi integritas dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak serta meningkatkan kualitas pelayanan di KPP Pratama Palu.
- 46 kali dilihat