Serang, 4 Januari 2021 – Sepuluh bulan di tahun 2020 Indonesia dalam masa pandemi Covid-19. Kondisi ini tidak membuat kantor-kantor pelayanan pajak mengurangi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Target penerimaan yang sangat tinggi demi menopang pembiayaan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi telah membuat para pegawai Direktorat Jenderal Pajak menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Salah satu bentuk kreativitas yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adalah layanan chat Halo KPP yang sudah dilaksanakan di seluruh kantor pelayanan pajak di lingkungan Kanwil DJP Banten secara bertahap sejak April 2020. Layanan Halo KPP adalah layanan komunikasi berbasis aplikasi Whatsapp yang familiar bagi masayarakat umum. Layanan Halo KPP merupakan miniatur pemberian layanan pengganti layanan tatap muka di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) selama masa pandemi berlangsung.

Berawal dari tingginya animo masyarakat untuk bertanya berbagai permohonan perpajakan yang tidak lagi dapat dilayani secara langsung, layanan melalui telepon mengalami pelonjakan jumlah yang luar biasa. Untuk mengantisipasi agar dapat menjawab dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, maka pilot project layanan Halo KPP dimulai dari KPP Pratama Tangerang Timur dan kemudian secara bertahap diterapkan di seluruh KPP di lingkungan Kanwil DJP Banten.

Adapun nomor layanan Halo KPP yang dapat diakses masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. KPP Madya Tangerang : 08176868415
  2. KPP Pratama Tangerang Barat : 081388888402
  3. KPP Pratama Tangerang Timur : 081388888416
  4. KPP Pratama Cikupa : 081292803705
  5. KPP Pratama Tigaraksa : 081211551867
  6. KPP Pratama Serpong : 082246456065
  7. KPP Pratama Kosambi : 082299999418
  8. KPP Pratama Pondok Aren : 081212885916
  9. KPP Pratama Serang Barat : 081317777401
  10. KPP Pratama Serang Timur : 08118891454
  11. KPP Pratama Cilegon : 081350004417
  12. KPP Pratama Pandeglang : 081281111419
  13. KP2KP Rangkasbitung : 081295090321