Demi memberikan pelayanan prima untuk turis yang berwisata ke Bali, KPP Pratama Badung Selatan membuka Konter layanan Value Added Tax (VAT) Refund setiap hari di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (Jumat, 16/5). 

Loket VAT Refund ini berlokasi di Terminal Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, sehingga memudahkan turis dalam mengurus pengembalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebelum keberangkatan. Layanan ini beroperasi mulai pukul 07.30 hingga 23.00 WITA, mengikuti jam operasional penerbangan internasional yang padat di Bandara Ngurah Rai.

“Konter layanan ini kami buka setiap hari, termasuk Sabtu, Minggu, hari libur nasional bahkan hari libur internasional,” ungkap Habilla Amri Rahman, Petugas Layanan VAT Refund. Habilla mengatakan bahwa konter layanan ini hanya tutup satu hari selama satu tahun, yaitu saat Hari Raya Nyepi saja karena bandara pun tutup.

Bandara I Gusti Ngurah Rai diketahui sebagai salah satu bandara di Indonesia yang melayani penerbangan internasional. KPP Pratama Badung Selatan, sebagai kantor pajak administrasi bandara tersebut, menyediakan konter layanan untuk memberikan pengembalian PPN yang sudah dibayar atas pembelian Barang Kena Pajak (BKP) di Indonesia, yang kemudian dibawa ke luar daerah pabean atau luar negeri oleh warga negara asing.

Habilla lalu menjelaskan VAT Refund adalah salah satu bentuk nyata pelayanan Direktorat Jenderal Pajak kepada wisatawan manca negara yang berkunjung dan berbelanja di Indonesia dengan menjunjung tinggi asas keadilan dan kesetaraan.

“Konter VAT Refund di Indonesia hanya ada lima, yaitu di Bandara Internasional Kualanamu (Sumatera Utara), Bandara Internasional Juanda (Jawa Timur), Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Internasional Yogyakarta (D.I. Jogjakarta), dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (Bali),” jelas Habilla.

Lebih lanjut, Habel juga menyampaikan pesan dari Kepala KPP Pratama Badung Selatan, Ayu Sri Liana yang menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dalam setiap bentuk pelayanan publik.

“Dalam memberikan pelayanan kepada para WNA, seluruh pegawai KPP Pratama Badung Selatan yang bertugas di konter VAT Refund wajib memegang kode etik dan kode perilaku PNS serta Nilai-Nilai Kementerian Keuangan,” ujar Habilla.

Nilai-nilai tersebut mencakup integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Dengan penerapan nilai tersebut, diharapkan Habilla Konter Layanan VAT Refund ini tidak hanya memberikan kemudahan, tetapi juga mencerminkan wajah pelayanan pajak Indonesia yang ramah, andal, dan bertanggung jawab di mata dunia.

 

Pewarta: Putu Panji Bang Kusuma Jayamahe
Kontributor Foto: Maharani Puspitasari
Editor:

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.