Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta mengadakan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Purwosari, Surakarta (Selasa, 23/2). Vaksinasi ini terselenggara atas gerak cepat Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang bersurat kepada dinas-dinas terkait di kota Surakarta terkait prioritas vaksinasi tahap kedua. KPP Pratama Surakarta bersama 28 unit instansi lainnya mendapatkan vaksinasi hari ini.

Kepala UPT Puskesmas Purwosari, dokter Nur Hastuti mengatakan, vaksinasi dilakukan serentak di 17 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Surakarta. Total 2.740 vaksinasi dilakukan pada hari ini. Dalam empat hari ke depan, vaksinasi tahap II dosis pertama ini ditargetkan dapat selesai.

Sejumlah 70.000 dosis vaksin telah dikirimkan ke Surakarta untuk dua tahapan vaksinasi. Nur Hastuti menambahkan, vaksinasi dosis kedua yang menyasar ASN, TNI, Polri, dan Pedagang Pasar ini diharapkan bisa selesai sebelum memasuki bulan puasa.

Demi menghindari kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan, vaksinasi dilakukan dalam tiga sesi. Peserta melakukan pendaftaran dan verifikasi identitas, dilanjutkan dengan screening kesehatan, mulai dari pengecekan suhu badan, tekanan darah, hingga riwayat kesehatan lainnya. Peserta yang lolos screening langsung dilakukan vaksinasi. Setelah vaksinasi, peserta diminta menjalani observasi selama 30 menit untuk mengetahui apakah mengalami reaksi cepat atau kipi (kejadian ikutan pasca imunitas) baru diperbolehkan pulang.

Memaksimalkan kinerja pada bulan padat pelaporan SPT Tahunan, pegawai pajak dituntut memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, vaksinasi adalah ikhtiar maksimal yang dapat dilakukan.