
KPP Pratama Depok Cimanggis dan KPP Pratama Depok Sawangan, pada dasarnya merupakan unit kerja hasil pemekaran KPP Pratama Depok. Salah satu tujuan pemekaran tersebut adalah untuk membagi beban pelayanan wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Depok yang sempat menjadi yang terbesar secara nasional pada penghujung tahun 2014.
Namun, siapa sangka bahwa pada pertengahan tahun 2018, jumlah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Depok Cimanggis telah hampir menyamai kondisi sebelum pemekaran. Dengan keadaan yang seperti ini, tentu diperlukan beragam cara agar pelayanan tetap prima dan kendala wajib pajak segera memperoleh solusinya.
Berada di lingkungan perkotaan yang cukup memadai fasilitas telekomunikasinya, KPP Pratama Depok Cimanggis pun memanfaatkan momentum tersebut dengan turut serta menggunakan teknologi informasi yang populer untuk mencoba melayani wajib pajak
Pada mulanya, gagasan konsultasi Whatsapp ditujukan sebagai solusi atas keterbatasan wajib pajak ketika menghubungi telepon saat menindaklanjuti undangan KPP guna mengkonfirmasi kehadiran pada kelas pajak tahun 2018. Untuk itu, dibuatlah seruan melalui SMS blast, email blast, dan surat menyurat. Kemudian, wajib pajak yang bersangkutan dimohon mengkonfirmasi kesanggupan langsung melalui Whatsapp.
Depok Cimanggis menamai layanan tersebut dengan DCWC, yang merupakan singkatan dari Depok Cimanggis Whatsapp Center. Pada perkembanganya, media whatsapp tersebut menjadi media unggulan bagi Depok Cimanggis karena wajib pajak juga semakin sering memanfaatkannya untuk konsultasi atau tracking permohonan yang mereka ajukan. Mudah, mereka pun tak harus mendatangi KPP untuk sekedar bertanya tentang hak/kewajiban perpajakannya dan menanyakan tentang perkembangan pengajuan permohonannya.
Perkembangan konsultasi melalui DCWC kian hari kian masif dan merambah pada bantuan pembuatan ID Billing. Permasalahan kembali timbul karena aspek prioritas dan teknis penanganannya. Depok Cimanggis pun akhirnya memisahkan layanan konsultasi umum dan bantuan pembuatan ID Billing dengan membentuk layanan via SMS. Pembuatan ID Billing melalui SMS merupakan layanan robotik, sehingga diharapkan semakin memudahkan dan mempercepat pemberian bantuan bagi wajb pajak yang sudah akan melakukan pembayaran pajak.
Layanan DCWC tersebut bisa didapatkan oleh wajib pajak melalui nomor 089614412412 yang identik dengan nomor kode KPP Pratama Depok Cimanggis yaitu 412. Layanan tersebut diharapkan bisa membantu para wajib pajak yang terkendala koneksi internet dan mempermudah dalam mengkonfirmasi permohonan.
- 1451 views