Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumatera Barat dan Jambi mengadakan Forum Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat dengan menghadirkan Prita Marisca, seorang narasumber berpengalaman dalam melayani stakeholder. Forum ini diselenggarakan di Aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumatera Barat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memperkuat hubungan dengan wajib pajak (Kamis, 31/10).

Selain berprofesi sebagai bankir di BNI, Prita juga seorang trainer, speaker, dan motivator. Dalam kesempatan tersebut, Prita menyampaikan tema Customer Interaction dan WOW Service.

"Saat ini, pelanggan semakin menuntut, lebih mengutamakan aspek kemanusiaan, dan lebih terhubung," ungkapnya.

Menurutnya, layanan yang baik tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan dasar pelanggan, tetapi juga harus selaras dengan keinginan dan ekspektasi mereka. Layanan yang ideal adalah yang mampu menciptakan pengalaman WOWsuatu pelayanan yang melampaui harapan pelanggan.

Prita menekankan bahwa selain keterampilan teknis, seperti penguasaan teknologi, soft skills atau keterampilan interpersonal juga sangat penting dalam memberikan layanan pelanggan yang berkualitas. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan dalam banyak bidang, termasuk dalam layanan pelanggan.

"Soft skills membantu kita membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas layanan," tambahnya.

Penting bagi pelayan untuk memahami kondisi dan kebutuhan individu pelanggan. Prita mencontohkan bagaimana pentingnya membaca situasi dan profil pelanggan. Hal ini memungkinkan pemberian layanan yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan harapan mereka. Sebagai contoh, di bidang perpajakan, pegawai harus bisa mengatasi keluhan dan masalah wajib pajak dengan cara yang tidak hanya efektif, tetapi juga menunjukkan empati dan kepedulian.

Prita Marisca mengingatkan pentingnya pengembangan diri secara menyeluruh, baik dalam keterampilan teknis maupun interpersonal, guna memberikan pelayanan yang luar biasa. Forum ini menjadi bukti nyata komitmen Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak, dengan mengedepankan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan ekspektasi pelanggan. Dengan pendekatan yang lebih manusiawi dan empati, diharapkan hubungan antara petugas pajak dan wajib pajak dapat terjalin lebih baik, menciptakan pengalaman yang tidak hanya memuaskan, tetapi juga mengesankan.

 

Pewarta:Luthfi Hariz Setiono
Kontributor Foto:Aldi Rivaldi Sevtian
Editor:Trio Nofriadi

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.