Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palopo menghadiri Forum Konsultasi Publik di Aula Hotel Value Kota Palopo (Rabu, 23/10). Forum yang bertajuk Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Pemahaman Regulasi dan Kemudahan Akses Informasi ini diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Kota Palopo.

KPP Pratama Palopo diwakili oleh Kepala Seksi Pengawasan III Faisal Amansyah serta Penyuluh Pajak Muhammad Nindar dan Abid Fauzan. Pajak Palopo menyampaikan informasi terbaru mengenai cara merancang dan menerapkan inovasi untuk meningkatkan efisiensi serta kemudahan akses layanan di Kantor Pajak Palopo. Dalam pemaparan tersebut, diuraikan latar belakang pengembangan inovasi, metode implementasi, serta dampak positif yang dirasakan masyarakat. Melalui contoh kasus dari inovasi pelayanan, narasumber mengajak peserta untuk memahami manfaat dan tantangan yang dihadapi dalam proses inovasi.

"Kalau di kantor kami disediakan sarana kepada wajib pajak untuk dapat mengecek status permohonannya secara online," ujar Nindar

Forum konsultasi publik ini menjadi wadah penting bagi masyarakat dan instansi pemerintah untuk berdiskusi dan berbagi inovasi dalam pelayanan. Dalam forum ini, tidak hanya pembicara tapi seluruh peserta yang hadir dari berbagai kalangan dapat menyampaikan masukan, ide, dan pengalaman terkait peningkatan kualitas layanan publik yang sudah ada maupun yang baru direncanakan.

Melalui sesi sharing inovasi, pihak penyelenggara dan peserta dapat belajar dari pengalaman sukses atau tantangan yang dihadapi dalam penerapan inovasi pelayanan di berbagai daerah atau bidang. Forum ini juga membantu memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan layanan publik yang lebih responsif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hasil diskusi dari forum ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan kebijakan dan langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan.

KPP Pratama Palopo berharap dengan paparan yang disampaikan dapat membantu instansi pemerintah lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Pewarta: Nur Cahyo Wibowo
Kontributor Foto: Nur Cahyo Wibowo
Editor: Sumin

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.