Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Badan dan Orang Asing berhasil meraih predikat Juara I sebagai Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2024 di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Khusus. Prestasi ini menunjukkan peningkatan signifikan, setelah sebelumnya berada di peringkat ketiga pada tahun 2020-2022 dan menjadi juara favorit pada 2023.
“Capaian ini tidak diraih dalam sekejap. Semua faktor berperan hingga tecermin dalam pelayanan yang terus kita upayakan menuju sempurna. Yang terpenting, KPP Badan dan Orang Asing dapat memberi manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal,” ujar Kepala KPP Badan dan Orang Asing Rina Lisnawati saat menerima penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus Irawan di Bandung (Rabu, 6/11).
Seperti diketahui, penilaian KPT Tahun 2024 dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah penilaian awal yang mencakup evaluasi administrasi dan kelengkapan dokumen pemenuhan indikator penilaian calon peserta. Tahap kedua adalah penilaian akhir yang meliputi tinjauan lapangan (observasi), wawancara, dan verifikasi dokumen, serta presentasi dan sesi tanya jawab dengan Kepala KPP Badan dan Orang Asing terkait pemenuhan kriteria KPT.
“Komposisi penilaian terbesar adalah 30% untuk presentasi dan tanya jawab, sementara komponen pelayanan, sarana dan prasarana, serta inovasi masing-masing berkontribusi 20%, dan prestasi sebesar 10%,” ujar Rina.
Rina menambahkan, sebagai kantor yang melayani Wajib Pajak Badan, Wajib Pajak Orang Asing, dan Pemungut PPN Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, KPP Badan dan Orang Asing juga dituntut untuk memenuhi standar pelayanan internasional yang setara dengan layanan di kantor pajak negara asal wajib pajak. Hal ini dilakukan agar wajib pajak merasa mendapatkan kualitas pelayanan yang profesional dan memenuhi ekspektasi global.
Untuk menyiapkan kompetisi KPT Tahun 2024 ini, KPP Badan dan Orang Asing terus bertransformasi melalui inovasi dan ide-ide kreatif dari seluruh pegawai dan dari tahun ke tahun. Inovasi ini ditujukan tidak hanya untuk kenyamanan wajib pajak dan internal kantor, tetapi juga untuk masyarakat sekitar. Salah satu inovasi yang menonjol adalah program kesejahteraan bagi pegawai Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, termasuk beasiswa anak asuh, pemberian Tunjangan Hari Raya, insentif, Jumat Berkah, serta fasilitas BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.
“Selain itu, KPP Badan dan Orang Asing memiliki tim Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin mengadakan kunjungan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, didanai dari iuran dan donasi pegawai. Dukungan bagi UMKM juga diberikan melalui promosi dan peningkatan penjualan tanaman hias dari UMKM di sekitar kantor KPP Badan dan Orang Asing,” pungkas Rina.
KPP Badan dan Orang Asing juga mengusung moto JUARA yang merupakan akronim dari Jujur, Unggul, Amanah, Responsif, dan Adaptif. Moto ini mencerminkan komitmen seluruh penggawa KPP Badan dan Orang Asing untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.
Pewarta: Chika Winandha |
Kontributor Foto: Hasan Solehadin |
Editor: Riza Almanfaluthi |
*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.
- 71 views