Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu memperoleh Penghargaan atas Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik (PEKPPP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Penganugerahan tersebut diberikan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia Heru Pambudi dalam 'Acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024' di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan (Selasa, 8/10).

Kementerian PANRB telah melakukan evaluasi terhadap 1.600 lokus unit pelayanan publik terkait penyelenggaraan pelayanan publik. Dari proses evaluasi tersebut, Kementerian Keuangan, diwakili KPP Pratama Palu, merupakan unit yang dinilai mampu secara optimal memberikan pelayanan publik secara prima kepada wajib pajak.

Kepala KPP Pratama Palu Mulyana menuturkan, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen KPP Pratama Palu untuk terus memberikan pelayanan prima kepada wajib pajak yang nantinya akan berdampak terhadap kepuasan serta kepatuhan wajib pajak.

"Penghargaan adalah bonus, yang terpenting adalah menjaga komitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan prima terbaik bagi masyarakat," ungkap Mulyana.

KPP Pratama Palu berupaya menjalankan amanat Pedoman Menteri PANRB Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Publik. Aturan tersebut merupakan dasar dalam melakukan pembenahan untuk menyediakan pelayanan prima kepada Wajib Pajak. Enam aspek utama acuan KPP Pratama Palu dalam penerapan pedoman tersebut yaitu Aspek Kebijakan Pelayanan, Aspek Profesionalisme SDM, Aspek Sarana Prasarana, Aspek Konsultasi Pengaduan, Aspek Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan Aspek Inovasi. Setelah melewati beberapa proses tahapan evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB, KPP Pratama Palu mampu secara konsisten memberikan pelayanan prima dan terbaik kepada seluruh wajib pajak.

Abdullah Azwar Anas berharap KPP Pratama Palu dapat menjadi contoh bagi unit satuan kerja lainnya dalam memberikan perlayanan prima terbaik terhadap wajib pajak.

 

#PelayananPrima

#PajakKuatAPBNSehat

 

 

Pewarta: Ridha Arum Sholechah
Kontributor Foto: Tim KemenPANRB
Editor: Syafa'at Sidia Ramadhan

*)Konten yang terdapat pada halaman ini dapat disalin dan digunakan kembali untuk keperluan nonkomersial. Namun, kami berharap pengguna untuk mencantumkan sumber dari konten yang digunakan dengan cara menautkan kembali ke halaman asli. Semoga membantu.