Tajuk Pajak

Dua Fokus Kehumasan Daring Ditjen Pajak di 2018

Dua Fokus Kehumasan Daring Ditjen Pajak di 2018 (Edmalia Rohmani)

Lagi-lagi, akun resmi Twitter Ditjen Pajak jadi buah bibir setelah mengangkat beberapa cuitan bertema "Dilan", tokoh utama film layar lebar yang sedang terpegah saat ini. Cuitan itu telah dicuit ulang lebih dari 1.200 kali, disukai, dan memancing lebih dari ratusan komentar pengguna Twitter.

Temukan Kemudahan dalam Berusaha di Direktori Layanan Perpajakan

Sebagai institusi terbesar dalam mengumpulkan penerimaan negara, Direktorat Jenderal Pajak menyediakan lebih dari 100 layanan perpajakan kepada wajib pajak.

Naik Jadi 1.618,1 Triliun, Ini Lima Jurus Pajak 2018

Naik Jadi 1.618,1 Triliun, Ini Lima Jurus Pajak 2018

Menyongsong tahun 2018, Kementerian Keuangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) 2018 mengemban amanah target penerimaan pajak sebesar Rp1.618,1 Triliun.  Angka ini melejit 9,9% dibandingkan tahun 2017 yang terpatok sebesar Rp1.472,7 Triliun.

Tujuh Hal Monumental di 2017, Dagang-El Salah Satunya

Banyak program, kegiatan, dan isu pajak yang mengemuka di 2017. Tujuh di antaranya monumental sebagai landasan kokoh bagi pengamanan penerimaan pajak ke depan.

Manfaatkan PAS-Final sebelum Menyesal

Hingga periode Amnesti Pajak berakhir, komposisi harta deklarasi dalam negeri hasil Amnesti Pajak adalah sebesar Rp4.881 triliun, dengan komposisi Rp1.036,37 triliun berupa deklarasi luar negeri, deklarasi dalam negeri sebesar Rp3.697,94 triliun, serta Rp146,69 triliun berupa repatriasi.

Agar Lapor Tak (Lagi) Jadi Bayar

Agar Lapor Tak (Lagi) Jadi Bayar

Beberapa waktu lalu ramai publik merespons Ditjen Pajak agar telepon genggam dan barang mewah lainnya turut dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan wajib pajak. Tanpa diduga, opini bahwa ponsel pintar dan kawan-kawannya itu akan dijadikan objek pajak tambahan menjadi viral.

Agar Tak Berjerawat, Maka Harus Dirawat

Sampai catatan ini ditulis, pajak.go.id menduduki peringkat 136 situs web di Indonesia berdasarkan peringkat situs web yang disusun oleh Alexa.

Inklusi Kesadaran Pajak: Investasi Masa Depan

Sampai kapan kepatuhan pajak Indonesia rendah? Indikator berupa rasio pajak di tahun 2016 masih di bawah 11%. Ini menjadi permasalahan besar karena menyangkut kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Dua Julukan yang Tak Kita Inginkan

Sebuah forum dunia bernama Global Forum on Transparency and Exchange of Information for Tax Purposes dibentuk OECD (Organization for Economic Cooperation & Development) sebagai kelanjutan dari sebuah forum yang dibuat pada awal tahun 2000-an.

Ingin Beri Masukan untuk Reformasi Perpajakan? Ini Caranya

Logo Tim Reformasi Perpajakan

Roda Reformasi Perpajakan sedang bergerak. Masih panjang jalan yang ditempuh untuk menggapai adicita: menjadikan Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi perpajakan yang kuat, kredibel, dan akuntabel.