Monday, 18 February 2013 - 09:30

Dalam rangka melaksanakan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-31/PJ/2012 Pasal 23 ayat (1) mengenai kewajiban memberikan bukti pemotongan PPh Pasal 21 atas penghasilan yang diterima atau diperoleh Pegawai Tetap (formulir 1721 A2) oleh Bendahara pemotong PPh Pasal 21 paling lama 1 (satu) bulan setelah tahun kalender berakhir dan hal-hal yang berkaitan dengan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2012 yang harus segera disampaikan paling lambat tanggal 31 Maret 2013, maka Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muaro Sijunjung telah mengadakan sosialisasi untuk bendahara dengan judul acara “Bendahara Mahir Pajak”. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan tanggal 6 Februari 2013 di Gedung Pancasila Sijunjung yang diikuti 143 orang yang terdiri dari Bendaharawan Pemerintah, Bendahara Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan (UPTD) TK/SD, Bendahara Sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Sijunjung.

Acara dibuka oleh Kepala KP2KP Muaro Sijunjung, Mudji Hartono, S.T., M.T. Dalam sambutannya disampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak untuk pelaporan SPT Tahunan. KP2KP Muaro Sijunjung juga akan mengadakan Kelas Pajak dengan materi Tata Cara Pengisian SPT Tahunan, Mengisi Bareng SPT Tahunan dan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan yang akan mengundang para Pejabat Daerah dan Usahawan di Daerah Kabupaten Sijunjung.

Penjelasan cara pengisian formulir 1721 A2 dan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2012 disampaikan oleh nara sumber Suseno, Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II KPP Pratama Solok. Penyampaian dilakukan secara interaktif, sehingga apabila ada peserta yang kurang jelas dapat langsung bertanya. Pertanyaan lebih banyak dilakukan oleh Bendaharawan yang baru ditunjuk oleh Kepala Sekolah / pimpinan unit kerjanya atau karena adanya penggantian.

Untuk materi Tata Cara Penyampaian SPT Tahunan secara e-Filling disampaikan langsung oleh Kepala KP2KP Muaro Sijunjung, Mudji Hartono. Dalam awal penjelasannya disampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pajak selalu mencari terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak. Salah satunya dengan menyediakan alternatif cara penyampaian SPT yang lebih mudah, lebih murah dan lebih cepat, yaitu melalui e-Filling.

Secara keseluruhan acara sosialisasi berlangsung lancar. Melihat banyaknya peserta yang hadir memenuhi undangan setiap kegiatan sosialisasi perpajakan, maka semoga hal ini menjadi indikasi bahwa pola penyuluhan KP2KP Muaro Sijunjung telah dapat diterima oleh masyarakat dengan baik dan tentunya juga karena makin meningkatnya kepedulian dan kesadaran Wajib Pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Penyuluhan perpajakan secara langsung dalam bentuk sosialisasi perpajakan maupun kelas pajak sejalan dengan arahan kebijakan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang menginginkan lebih banyak penyuluhan langsung kepada Wajib Pajak. Hal ini penting untuk tidak hanya penyampaian materi, namun juga sebagai media komunikasi dua arah antara yang melayani dengan yang dilayani, sehingga diharapkan tercapainya kesempurnaan dalam pelayanan pajak.