Thursday, 7 February 2013 - 18:54

Surakarta, Minggu 3 Februari 2013, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II menyelenggarakan launching kegiatan penyuluhan perpajakan bertajuk “Pajak Go Clean” di area Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi jantung Kota Solo. Ini merupakan tahun kedua Kanwil DJP Jateng II menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pajak bertemakan bersih-bersih kota. Dalam acara launching ini, Kanwil DJP Jawa Tengah II bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dan Stasiun Televisi lokal, Terang Abadi Televisi (TATV), membuat panggung hiburan di sekitar Stadion Sriwedari.

Acara yang dimulai pada pukul 06.00 WIB ini sengaja diawali dengan sajian musik dari Vena Band Grup Band Lokal Solo, dan disiarkan secara langsung oleh TATV. Sekitar pukul 07.00, panggung hiburan dimeriahkan oleh grup musik humor asal Kota Solo “Nyiur Melambai”. Dengan gaya khas yang kocak, keenam personel Nyiur Melambai berhasil merebut hati para warga yang berdatangan di arena Solo Car Free Day untuk menyaksikan acara dari awal hingga akhir. Antusiasme warga terlihat dengan banyaknya warga yang mengerumuni panggung. Sesekali band kocak ini berdialog warga dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pajak dan memberikan hadiah-hadiah serta souvenir yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Tertawa lepas dan ngakak selalu terlihat sepanjang acara, walaupun terik matahari semakin menyengat namun banyak warga yang seakan enggan beranjak dari sekitar panggung karena selain ingin mendapatkan hiburan gratis, banyak  warga yang sengaja ingin mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Di tengah-tengah acara diperkenalkan pasukan “Pajak Go Clean” sebanyak 20 orang yang bersiap-siap untuk berjalan mengambil sampah di sekitar arena Solo Car Free Day.  Acara yang sudah dimulai sejak tahun 2012 bersamaan dengan peringatan ‘Satu Dekade Reformasi Perpajakan’ ini rencananya akan dilakukan setiap bulan di minggu pertama, melibatkan para pegawai di Kanwil DJP Jawa Tengah II.

Kegiatan ini selain bentuk kampanye pajak, juga dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian Ditjen Pajak pada lingkungan dan sebagai upaya untuk mengajak warga untuk lebih peduli dan mencintai lingkungan dengan jalan menjaga kebersihan area CFD. Acara seperti ini lah yang justru lebih digemari oleh masyarakat karena masyarakat dapat berinteraksi langsung dalam suasana yang santai.

Selain sebagai salah satu upaya sosialisasi perpajakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan DJP ke tengah masyarakat. Harapannya adalah terwujudnya masyarakat yang sadar dan peduli pajak, sehingga ujung-ujungnya adalah peningkatan penerimaan dari sektor perpajakan. Lebih jauh, Kanwil DJP Jawa Tengah II telah membuat berbagai tagline terkait manfaat pajak, seperti "Pajak Agawe Santosa", maupun tagline yang telah ada seperti "Pajak Menyatukan Hati, Membangun Negeri". Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dapat lebih ditingkatkan di masa mendatang. Bangga Bayar Pajak!