Tuesday, 27 November 2012 - 08:05

Selasa 20 November 2012, bertempat di Gedung Bina Praja Sekda Kabupaten Magelang sekitar 100 orang guru SMU/SMK pengampu mata pelajaran Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan se-kabupaten Magelang mengikuti Workshop Pelatihan Perpajakan.

Workshop Pelatihan Perpajakan dibuka oleh Drs. Haryono M.Pd selaku Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Fasilitas Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Magelang  dengan terlebih dahulu bersama sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan oleh Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (K2KP) Muntilan yang menekankan arti penting dilaksanakan kegiatan workshop, antara lain:

  1. Diharapkan para guru pengampu mata pelajaran ekonomi / akuntansi atau kewirausahaan akan lebih memiliki pengetahuan tentang perpajakan, sehingga  diharapkan dapat meneruskan pembekalan pengetahuan perpajakan kepada para siswa guna menjadikan siswa SMU/SMK yang lebih siap memasuki dunia kerja karena pajak adalah salah satu hal yang tidak pernah lepas dari dunia usaha.
  2. Menanamkan kesadaran kepada para guru tentang arti pentingnya pajak bagi kelangsungan Negara,  mengharapkan para guru taat dan bangga bayar pajak,  mengajak para guru sebagai agen dalam menanamkan arti penting pajak pada anak didiknya, serta mengingatkan agar para guru mentaati kewajiban penyampaian SPT tahunan orang pribadi.
  3. Sebagai persiapan awal dalam rangka mengikuti kegiatan Cerdas Cermat  yang rencananya akan diselenggarakan oleh perwakilan Tax Center Kanwil Jawa Tengah II di Magelang yaitu  Universitas Muhamadiyah Magelang (UMM).

Pada sesi materi disampaikan oleh Kepala KP2KP Muntilan tentang Proses Bisnis Pajak, didalamnya membahas pengertian dan arti penting  pajak bagi kelangsungan Negara serta mengajak menjadi warga negara yang Bangga Bayar Pajak karena 'Pajak itu Baik' dan 'Pajak Agawe Santosa', dilanjutkan pemberian materi Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai serta penghitungan sederhananya oleh Suwarno (Kasi Bimbingan Penyuluhan) dan Warsito Dwi Atmoko (Penelaah keberatan) selaku Tim Pemateri dari Kanwil DJP Jawa Tengah II.

Kepada para peserta diberikan souvenir menarik bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, peserta yang datang paling awal, peserta yang aktif bertanya dan peserta termuda. Kegiatan workshop disambut baik oleh para guru SMU/SMK pengampu mata pelajaran Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan se-Kabupaten Magelang, bahkan mereka mengharapkan kegiatan seperti  ini terus berlanjut berkesinambungan seiring dengan percepatan perubahan peraturan perpajakan, sehingga para guru pengampu dapat segera mengetahui perubahan peraturan perpajakan yang ada dan segera menyampaikannya kepada para siswa.

Rencananya kegiatan workshop pelatihan bagi para guru SMU/SMK pengampu mata pelajaran Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan ini akan diselenggarakan juga oleh seluruh KP2KP yang ada di  Kanwil DJP Jawa Tengah II karena sangat efektif dalam menjadikan para guru sebagai agen dalam menanamkan arti penting pajak bagi Negeri ini kepada para siswa dan masyarakat. Pajak,…niscaya Negeri ini hidup denganmu mati tanpamu.