Bandung, 22 Oktober 2015 – Kemitraan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I dengan media massa memasuki babak baru. Hubungan yang selama ini telah terjalin dengan erat direkatkan lagi dengan pemberian penghargaan kepada 5 (lima) media cetak. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan di Bandung pada Kamis, 22 Oktober 2015 dalam acara yang berformat gathering. Kanwil DJP Jawa Barat I menilai tingkat peran serta mereka dalam kehumasan DJP. Ke lima media massa tersebut adalah Harian Umum Pikiran Rakyat, Harian Umum Bisnis Indonesia, Harian Umum Galamedia, Harian Umum Radar Bandung dan Harian Umum Tribun Jawa Barat.

Selain pemberian penghargaan ke media massa, saat yang bersamaan Kanwil DJP Jawa Barat I juga menganugerahkan piala Lomba Kantor Pelayanan Percontohan. Ajang yang diselenggarakan setiap tahun tersebut tak hanya menilai kualitas pelayanan masing-masing Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I, tetapi juga menilai aspek kinerja penerimaan, inovasi pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Parameter tersebut amat penting sebagai tolok ukur kepuasan masyarakat sebagai pemangku kepentingan DJP. Tahun 2015, KPP yang dinobatkan sebagai pemenang pertama adalah KPP Pratama Bandung Cibeunying, disusul oleh KPP Madya Bandung, dan KPP Pratama Purwakarta. KPP Pratama Bandung Karees, KPP Pratama Tasikmalaya dan KPP Pratama Garut mendapat peringkat sebagai pemenang Harapan I, II, dan III.

Dalam rangkaian lomba Kantor Pelayanan Percontohan tersebut, Kanwil DJP Jawa Barat I juga memberikan penghargaan kepada tenaga Satuan Pengamanan (Satpam) dan Tenaga Pramusaji (OB/Cleaning Service). Meski bukan merupakan pegawai struktural, Kanwil DJP Jawa Barat I memandang bahwa kinerja mereka amat berperan dalam mewujudkan pelayanan yang baik kepada publik.

Dalam kesempatan yang sama pula, Kanwil DJP Jawa Barat I menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Fotografi dan Artikel Pajak. Lomba yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu wartawan, pelajar/mahasiswa, dan pegawai DJP itu mendapat sambutan yang antusias dari para peserta. Puluhan karya foto dan artikel memenuhi meja dewan juri. Dewan juri yang terdiri dari 2 juri independen (jurnalis dan sastrawan) mengklaim bahwa kualitas tulisan para peserta amat baik. Mereka tidak menyangka pegawai pajak punya soft skill sebagus itu.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I. Adjat Djatnika, mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada Wajib Pajak. “Sebagai timbal baliknya kami juga menuntut pemenuhan kewajiban Wajib Pajak makin baik,” pungkasnya. Adjat kembali mengingatkan bahwa Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015 masih menyisakan waktu 2 bulan lagi. Oleh karenanya dia berharap Wajib Pajak bisa memanfaatkan momentum yang baik ini agar bisa bebas sanksi administrasi.

 

Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I

 

ttd

 

Adjat Djatnika

NIP 196005311987031001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi

Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat

Slamet Rianto - 08129027318