Musim SPT Tahunan, Kanwil Kaltimra Libatkan Mahasiswa Melalui Program Kawan Pajak

Kawan Pajak Memberikan Penjelasan Kepada Salah Satu Wajib Pajak
Bahasa Indonesia

Tiga puluh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani Balikpapan terlibat dalam program Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) bertajuk “Kawan Pajak” (Senin, 19/3). Acara berlangsung selama 2 minggu  hingga 29 Maret 2018. Program ini merupakan salah satu program Tax Center STIE Madani Balikpapan dan Kanwil DJP Kaltimra untuk melibatkan mahasiswa untuk melakukan pendampingan dan asistensi pengisian SPT Tahunan melalui e-filing.

Dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama terdiri dari 10 mahasiswa dan gelombang kedua terdiri dari 20 mahasiswa, Kawan Pajak ini ditempatkan di tiap pojok pajak Kanwil DJP Kaltimra. Pojok Pajak Kanwil DJP Kaltimra sendiri berlokasi di Aula Kanwil DJP Kaltimra, KPP Pratama Balikpapan, Bandara Sultan Aji M Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan PAM Tower Balikpapan Super Block.

“Program Kawan Pajak ini merupakan merupakan salah satu tindak lanjut Tax Center STIE Madani Balikpapan, yang biasanya Tax Center banyak bersifat seremonial kali ini kita fokus untuk pengembangan Mahasiswa,” ungkap Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Kaltimra Emri Mora Singarimbun saat ditemui di Pojok Pajak PAM Tower. “Program ini bertujuan memberikan kesempatan mahasiswa untuk langsung memberikan asistensi pengisian SPT Tahunan melalui e-filing kepada wajib pajak di Kanwil DJP Kaltimra, KPP Pratama Balikpapan dan Pojok Pajak,” tambahnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam program Kawan Pajak sebelumnya telah mendapatkan pelatihan perpajakan baik secara teori maupun praktek dari Kanwil DJP Kaltimra. Beberapa mahasiswa yang mengikuti program Kawan Pajak ini memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara, “Terima kasih untuk Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) yang memberikan kesempatan kepada kami untuk memperoleh pengalaman yang luar biasa,” ungkap Gina Mahasiswa STIE Madani Balikpapan yang tergabung dalam program Kawan Pajak. “Adanya program Kawan Pajak ini selain menambah pengalaman dan pengetahuan, setidaknya dapat memberikan informasi perpajakan kepada orang tua, saudara maupun kerabat dekat,” tutup Gina.