Membelah lautan, Tim Penyuluh Bintuni Sosialisasikan SPT

Undefined

Tim Penyuluh KP2KP Bintuni memenuhi undangan dari wajib pajak kelapa sawit yang ada di distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni untuk mengadakan sosialisasi pengisian SPT Tahunan untuk para karyawan (Selasa, 18/12). Hal ini merupakan follow up dari kunjungan tim canvassing SPT Tahunan dari KP2KP Bintuni sebulan sebelumnya yang menyoroti banyaknya karyawan perusahaan sawit yang belum melaporkan SPT Tahunan 2017.

Tim KP2KP Bintuni yang terdiri dari Kepala KP2KP Bintuni, Ismed Iswahyudi serta para Petugas Penyuluh Rayland Leimena dan Ignatius Yasser harus menempuh perjalanan yang panjang untuk sampai di lokasi penyuluhan di distrik Sumuri. Perjalanan dimulai dengan menggunakan kapal penyeberangan dari Bintuni menuju distrik Babo dengan waktu tempuh selama empat jam. Selanjutnya, selama dua jam perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat dari distrik Babo ke Kampung Tofoi, Distrik Sumuri. Berikutnya, dengan menggunakan mobil, perjalanan dilanjutkan dari Kampung Tofoi ke kawasan perusahaan di Materabu Jaya.

Acara sosialisasi bertempat di ruang meeting perusahaan yang dihadiri sekitar 20 orang perwakilan karyawan dari total sekitar 300 karyawan perusahaan. Acara dibuka dan dihadiri oleh  Santiago selaku Kepala Divisi Sumber Daya Manusia. Santiago menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim dari KP2KP Bintuni yang akan menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang pajak.

Sementara itu, Ismed Iswahyudi selaku Kepala KP2KP Bintuni juga mengucapkan terima kasih kepada pihak manajemen perusahaan yang telah memfasilitasi sehingga acara sosialisasi dapat terlaksana dengan baik. Ismed juga memberikan pengantar terkait ketentuan perpajakan yang meliputi Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan. Dalam penjelasannya, Ismed menyampaikan bahwa banyak wajib pajak yang tidak mengetahui kewajiban-kewajiban perpajakan setelah mereka memiliki NPWP. Umumnya, mereka membuat NPWP sebagai kelengkapan persyaratan dari perusahaan tempat bekerja.

Para peserta terlihat antusias mengikuti jalannya sosialisasi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Di akhir acara, para Petugas Penyuluh dari KP2KP Bintuni memberikan pendampingan terkait pengisian SPT Tahunan 1770 S dan 1770 SS secara efiling melalui djponline.