Madya Jakbar Paparkan Aplikasi Jambreng PPN di Jateng I

Pemaparan materi dan demo aplikasi Jambreng PPN oleh Kasi Waskon III KPP Madya Jakarta Barat

KPP Madya Jakarta Barat mendapat undangan untuk menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Aplikasi Jambreng PPN di Kanwil Jawa Tengah 1 (Jumat, 13/10). Jambreng PPN adalah menyusun SPT Masa PPN baik untuk SPT Masa PPN Normal serta SPT Masa PPN Pembetulan secara sistematis dan cepat serta menghasilkan penjumlahan secara matematis yang sesuai dengan Undang-Undang PPN.

Materi dipaparkan oleh Agustinus Widayanto selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi III. Setelah dilakukannya analisis serta evaluasi pelaporan yang dilakukan wajib pajak di lingkungan KPP Madya Jakarta Barat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Bahwa sistem tidak mampu mencegah SPT yang isinya tidak benar (baik secara matematis maupun secara undang-undang);
2. Atas bukti pembayaran dengan NTPN, tidak pernah terintegrasi secara online dengan SIDJP;
3. Dengan fasilitas pembetulan SPT Masa PPN yang lebih dari satu kali, pengawasan akan semakin lemah;
4. Tindakan pemeriksaan juga tidak mampu mencegah kelemahan sistem karena pemeriksa bekerja hanya sebatas ruang lingkup masa pajak yang diperiksa.

Acara dilanjutkan dengan demo aplikasi jambreng PPN oleh Wahyu selaku Account Repesentative Pengawasan dan Konsultasi IV. Kanwil Jawa Tengah 1 berharap semoga dengan adanya aplikasi tersebut, mampu memberikan semangat dan angin segar kepada para fiskus di lingkungan Jawa Tengah 1 untuk melakukan inovasi baru dalam menggali potensi wajib pajak di lingkungannya.