Kunjungi Galeri Pajak, Siswa-Siswi SD Cinta-Bergembira Belajar Pajak

Kunjungi Galeri Pajak, Siswa-Siswi SD Cinta-Bergembira Belajar Pajak (Yos Wiyoso Hadi)
Undefined

"Aku pingin kerja di sini, jadi pegawai pajak," sahut Ojan, siswa SD Negeri 05 Rawa Barat, dengan semangat saat ditanya Kepala Subdit Penyuluhan Perpajakan Aan Almaidah Anwar dalam pembukaan acara Gallery Visit di Ruang Teater Satu, Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Pusat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di Jakarta (Kamis, 8/11)

Bukan hanya Ojan tapi beberapa siswa-siswi lainnya dari SDN 05 Rawa Barat dan SDN 09 Rawa Barat punya semangat keinginan yang sama. "Kami undang 25 siswa SDN 05 Sawah Barat dan 25 siswa SDN 09 Sawah Barat dalam Gallery Visit ini," jelas Muhammad Rheza Adevan, Kepala Seksi Dokumentasi dan Perpustakaan.

Gallery Visit merupakan salah satu rangkaian acara selama Pekan Inklusi 2018 yang diadakan oleh Ditjen Pajak mulai Senin, 5 November 2018 hingga Jumat, 9 November 2018. "Kalau tahun lalu, Inklusi Pajak ada Pajak Bertutur, maka tahun ini ditambah juga acara-acara lainnya seperti Gallery Visit bagi siswa-siswi SD," ucap Sari Kesumawati, Kepala Seksi Materi Penyuluhan.

50 siswa-siswi terlihat sangat bergembira diarahkan oleh pengarah acara Fauzan Zalasyani dan Hani Hastiwi, dan dipandu oleh pemandu tur galeri Muhammad Arif Yusuf Hasibuan dan Anika Yusman. Turut membantu mengarahkan siswa-siswi adalah Rizki Mira Amelia, Dwi Wulandari, Dewi Anastasia Pandiangan, dan petugas-petugas lainnya di Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan.

"Anak-anak sangat bergembira, tidak sabaran, dan berlari kemana-mana ingin pelajari semuanya," kata  Ayu Osnika, guru pendamping para siswa SDN Negeri 09 Rawa Barat. "Yang hadir ini adalah siswa-siswi kelas 5 dan kelas 6," imbuh Ayu. "Yang berkemeja merah adalah siswa-siswi kelas 6 dan yang berkemeja hijau adalah siswa-siswi kelas 5," tambah Ayu. 

Dengan gallery visit, siswa-siswi SD itu dapat mempelajari sejarah perpajakan di Indonesia sejak era Sriwijaya hingga zaman Ditjen Pajak yang sekarang. Saat pandu gallery visit, pemandu tur Hasib, nama sapaan Muhammad Arif Yusuf Hasibuan, dan Anika hibur dan cerahkan siswa-siswi dengan pertanyaan-pertanyaan ringan. 

"Siapa nama Menteri Keuangan sekarang?" tanya Hasib. "Sri Mulyadi," celetuk polos dan kencang salah satu siswa yang disambut oleh gelak tawa cekikikan siswa-siswi lainnya. Selesai Gallery visit, siswa-siswi dimintai mengisi kuis 10 pertanyaan dan menjawab secara lisan pertanyaan lainnya. Kali ini saat ditanya siapa nama Menteri Keuangan, semua siswa-siswi jawab dengan keras dan serentak, "Sri Mulyani!" Dan bisa juga sebut minimal dua nama Dirjen Pajak, yaitu Mar'ie Muhammad dan Robert Pakpahan.

"25 Siswa-siswi SDN 05 Rawa Barat yang terpilih untuk ikuti gallery visit ini adalah mereka yang terkenal kreatif dan aktif," ujar Wakil Kepala SDN 05 Rawa Barat Muhammad Saleh.

Lain halnya dengan siswa-siswi SDN 09 Rawa Barat yang berkemeja merah atau hijau, siswa-siswi SDN 05 Rawa Barat berseragam kemeja putih dan bawahan merah. "Mayoritas siswa yang ikut adalah putri karena memang murid perempuan di tempat kami lebih banyak," ungkap Saleh.

Selain aneka macam hadiah hiburan, kepada siswa-siswi SD juga disajikan berbagai bungkusan snack beraneka macam, menambah ceria wajah siswa-siswi itu. "Anak-anak senang sekali, terima kasih," jawab Saleh saat ditanya kesannya.

Turut hadir dalam acara Gallery Visit adalah Kasubdit Pelayanan Perpajakan Anita Widiati dan Kasubdit Kerjasama dan Kemitraan Yeheskiel Minggus Tiranda yang menambah semarak acara. (*)