Koperasi dan UMKM se-Kutim Ikuti Sosialisasi Pajak

Sosialisasi Perkreditan dan Perpajakan Bagi UMKM dan Koperasi
Bahasa Indonesia

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sangatta bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur & Utara (Bankaltimtara) Cabang Kutai Timur dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Kabupaten Kutai Timur mengadakan acara bertajuk “Sosialisasi Perkreditan dan Perpajakan Bagi UMKM dan Koperasi”, di Aula Disperindagkop & UMKM Kabupaten Kutai Timur, Sangatta Utara,(Rabu, 18/04). Acara yang diikuti 85 peserta UMKM se-Kutai Timur ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur Drs. H. Irawansyah, M.Si.

“Koperasi dan usaha kecil menengah dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas kredit yang diberikan pihak perbankan, dalam hal ini Bank Kaltimtara, untuk memajukan usahanya serta tidak melalaikan kewajiban perpajakannya,” ujar Irawansyah dalam sambutannya.

Usai pembukaan acara, Pimpinan Cabang Bank Kaltimtara Kutai Timur Siswanto didampingi salah satu stafnya memaparkan terkait perkreditan. Beberapa jenis fasilitas perkreditan ditawarkan kepada para peserta.

Selanjutnya, Kepala KP2KP Sangatta Hadiyanto menyampaikan materi perpajakan dan penyusunan laporan keuangannya. Hal ini bertujuan agar memudahkan pembuatan laporan keuangan dan proses pembayaran pajak bagi wajib pajak UKM dan Koperasi. “Salah satu penyebab yang mengakibatkan pengusaha mudah sekali mengalami kebangkrutan, karena sebagian mereka tidak mengelola keuangan bisnisnya secara baik,” ungkap Hadiyanto.

“Dengan membayar pajak dan belajar mengelola keuangan dari hasil usahanya akan sangat membantu pengusaha untuk mengamati perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengambil langkah strategi baru,” imbuhnya. Manfaat lain dengan membayar pajak, UKM, dan Koperasi akan terlihat profesional di mata distributor, konsumen, dan pihak bank.

Untuk memeriahkan acara, pihak panitia menyediakan hadiah berupa alat-alat elektronik dan gawai, yang diundi berdasarkan nomor urut absensi. Setelah semua acara dilalui dengan lancar, akhirnya secara resmi kegiatan tersebut ditutup oleh Kepala KPP Pratama Bontang M. Herijanto W. Utomo. Kegiatan ini juga diliput oleh berbagai media antara lain dari Bagian Humas Kabupaten Kutai Timur, media on line SuaraKutim.Com, Suara Indonesia, KlikSangatta. dan STV sebuah media televisi lokal yang berpusat di Samarinda.