Kanwil Kaltimra Turut Semarakkan Pekan Inklusi 2018

Kepala Kanwil DJP Kaltimra Samon Jaya menjelaskan manfaat kepada siswa-siswi SMAN 5 Balikpapan
Undefined

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) turut menyemarakkan Pekan Inklusi 2018 dengan menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur bertajuk “Pahlawan Masa Kini” di SMA Negeri 5 Balikpapan, Jalan Abdi Praja Blok F-1 No.119, Sepinggan, Balikpapan (Jumat, 9/11). Sebanyak 330 siswa-siswi kelas XI dan guru-guru SMAN 5 Balikpapan ikut meramaikan acara ini.

Pajak Bertutur merupakan kegiatan mengajar kesadaran pajak kepada siswa-siswi sekolah tingkat dasar/menengah yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh unit vertikal DJP se-Indonesia. Selain itu, Pajak Bertutur juga merupakan upaya DJP dalam meningkatkan kepatuhan pajak melalui inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan formal. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kepala Sekolah SMAN 5 Balikpapan Dra. Ririen Friedayati menyambut baik acara ini. “Terima kasih telah peduli kepada SMAN 5 Balikpapan dengan menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur di sekolah Kami. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” tutur Ririen.

Kepala Kanwil DJP Kaltimra Samon Jaya hadir sebagai narasumber. “Pajak adalah tulang punggung pembangunan negara, pajak juga merupakan salah satu sumber pendapatan negara akan digunakan untuk membiayai pengeluaran rutin dan pembangunan sebagaimana tertuang dalam APBN,” jelas Samon. “Selain itu, pemerintah saat ini juga memberikan subsidi untuk sektor-sektor tertentu yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak yang salah satu sumber dananya berasal dari pajak. Begitu banyak manfaat dari pajak yang dapat kita nikmati bersama,” imbuhnya.

Selain paparan dari Kepala Kanwil DJP Kaltimra, acara ini juga diramaikan dengan games cerdas cermat Ranking 1, Kahoot, Lomba Foto Selfie/Wefie, serta penampilan Tari Enggang dan Band Akustik "Smalakustik" dari siswa-siswi SMAN 5 Balikpapan.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Kaltimra Emri Mora Singarimbun berharap diadakannya kegiatan ini dapat semakin memberikan pemahaman tentang pajak dan program inklusi kesadaran pajak kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. “Dahulu, mengangkat senjata dan mengusir penjajah dilakukan para pahlawan kemerdekaan. Kini, mau berbagi untuk membangun negeri melalui pajak dilakukan pahlawan masa kini,” tutup Emri.