Kantor Pajak Sidrap Kunjungi Wind Power Terbesar di Indonesia

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sidrap bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Parepare  mengunjungi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang berlokasi di Desa Mattirotasi, Sidrap (Rabu, 13/12). Proyek PLTB pertama dan terbesar di Indonesia ini digarap oleh UPC Renewables bekerjasama dengan PT Binatek Energi Terbarukan. Adapun kapasitas listrik yang dihasilkan dari pembangunan PLTB ini diperkirakan mampu mecukupi kurang lebih 70 ribu pelanggan di Sulawesi Selatan dengan daya listrik rata-rata 900 VA.

 “Rencananya akan selesai Desember ini,” Jawab Hamiruddin saat ditanya sampai mana pengerjaan proyek PLTB tersebut. 

 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama kurang lebih 2 tahun, disimpulkan bahwa daerah Kabupaten Sidrap memiliki potensi angin yang bagus sehingga cocok untuk dibangun pembangkit listrik berbasis angin dengan estimasi kecepatan angin di lokasi tersebut berkisar 7 meter per detik (m/s).

Dalam proyek ini, total WTG (Wind Turbine Generator) yang akan dibangun adalah 30 unit dimana masing-masing WTG mampu menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik berkapasitas 2,5 megawatt (MW). WTG tersebut berukuran raksasa, dengan tinggi tiang 80 meter. Di ujungnya terpasang baling-baling besar dengan panjang masing-masing 57 meter, sehingga total tingginya mencapai 137 meter. 

Total lahan yang dipergunakan dalam proyek ini adalah sebesar 100 hektar yang terbagi dalam tiga lokasi (Ridge). Ridge 1 akan dipasang 12 WTG (1-12), Ridge 2  8 WTG (23-30), dan Ridge 3 10 WTG (13-22).

 Pemerintah sangat mendukung proyek ini terlihat dari kunjungan langsung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan beberapa waktu lalu yang menyampaikan apresiasi atas pembangunan PLTB Sidrap. 

 Dengan adanya proyek ini, pemerintah diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik nasional, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Dengan demikian dapat berdampak pada percepatan pembangunan ekonomi secara signifikan.(ali/*)