Beri Teladan, Wagub NTT Lapor SPT Tahunan Lebih Awal

Undefined

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi yang didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara, Tri Bowo dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim, melakukan pengisian dan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi melalui e-filing di ruang kerjanya, Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT (Selasa, 26/2).

Pada kesempatan tersebut, Wagub NTT menjelaskan bahwa lebih dari 70% kontribusi pajak terhadap penerimaan Negara dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Pembangunan jalan-jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya yang sangat pesat di NTT saat ini, mayoritas dananya adalah dari pajak. Manfaat pajak sedang kita (masyarakat NTT) nikmati saat ini,” ujar Josef.

Lebih lanjut, mantan anggota DPR RI tersebut menginstruksikan kepada seluruh masyarakat NTT untuk melaporkan SPT Tahunan dengan e-filing. “Saya Wakil Gubernur NTT menginstruksikan kepada seluruh masyarakat dan jajaran Aparatur Sipil Negara yang ada di NTT untuk segera melaporkan SPT Tahunan secara online dengan menggunakan fasilitas e-filing atau internet sekarang juga, karena lebih awal, lebih nyaman,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Josef juga menyampaikan kemudahan pelaporan SPT Tahunan melalui e-filing bahwa melaporkan SPT bisa kapan saja dan di mana saja dan sangat cocok dengan kondisi geografis NTT yang terdiri dari berbagai pulau. “Masyarakat di pulau-pulau pun tidak perlu antri datang ke kantor pajak untuk lapor SPT. Bisa sambil liburan, di sela-sela kerja juga. Sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja,” tambahnya.

Kepala Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara Tri Bowo yang didampingi oleh beberapa kepala bidang di Kanwil DJP Nusa Tenggara serta Kepala KPP Kupang dan Atambua menyampaikan bahwa terdapat pertumbuhan signifikan jumlah wajib pajak yang lapor SPT via e-filing dibanding tahun sebelumnya. “Pertumbuhan wajib pajak (dibanding tahun lalu pada tanggal yang sama) yang lapor SPT via e-filing di KPP Pratama Kupang sebesar 97% per tanggal 25 Februari 2019. Hal ini dikarenakan percepatan aksi progresif ‘Jemput Bola’ ke 26 Satuan Kerja di NTT pada awal tahun. Petugas melakukan edukasi dan asistensi pengisian SPT secara bersama-sama,” terangnya.

Tri berharap agar penyampaian SPT Tahunan oleh Wakil Gubernur NTT ini akan menjadi teladan dan panutan bagi seluruh masyarakat NTT untuk menyampaikan SPT Tahunan lebih awal. Karena dengan lapor lebih awal, maka akan lebih nyaman.