Pengumuman

Kewajiban Pelaporan Pajak secara Elektronik Bagi Pengusaha Kena Pajak Pengguna e-Faktur

PENGUMUMAN
Nomor: PENG-04/PJ.09/2016 

TENTANG 
KEWAJIBAN PELAPORAN PAJAK SECARA ELEKTRONIK BAGI 
PENGUSAHA KENA PAJAK PENGGUNA E-FAKTUR 

 

Sehubungan dengan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan bagi Wajib Pajak yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan yang telah diwajibkan membuat Faktur Pajak berbentuk elektronik (e-Faktur), Direktorat Jenderal Pajak mengingatkan hal-hal sebagai berikut: 

Pelaporan Pajak Elektronik Sampai Dengan 30 April 2016 Tidak Dikenakan Sanksi

Sehubungan dengan kendala di sistem pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara Elektronik (e-filing dan e-SPT), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyampaikan hal-hal sebagai berikut.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada Pengumuman terlampir.

"OP-Ku", Aplikasi e-Filing SPT 1770 S dan 1770 SS Versi Android

Demi memberikan pelayanan yang optimal kepada wajib pajak, saat ini sudah tersedia e-Filing SPT 1770 S dan 1770 SS versi android. Aplikasi tersebut bisa diunduh dari Google Playstore dengan nama "OP-Ku".

Aplikasi ini disediakan oleh Mitra Pajakku (pajakku.com), salah satu Penyedia Layanan SPT Elektronik (ASP) mitra dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Mitra Pajakku adalah Mitra resmi DJP, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor: KEP-217/PJ/2015.

Pelayanan Sehubungan dengan Penyampaian SPT Tahunan

Sesuai dengan ketentuan Pasal 3 ayat (3) huruf b dan c Undang-Undang Nomor 6 TAHUN 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 TAHUN 2009, batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi adalah paling lama 3 (tiga) bulan setelah akhir Tahun Pajak dan untuk SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan adalah paling lama 4 (empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak.

Penyampaian SPT Elektronik

Dalam rangka pelaksanaan penyampaian SPT Elektronik pada tahun 2016, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

Sarana Pelaporan SPT Elektronik

Sehubungan dengan pelaksanaan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahun 2015 melalui https://efiling.pajak.go.id dan pengembangan aplikasi https://efiling.pajak.go.id modul upload SPT dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Saat ini aplikasi https://efiling.pajak.go.id telah dapat melayani pelaporan SPT melalui menu upload SPT

Pengumuman Direktur P2Humas mengenai Pelaporan SPT Tahunan PPh

Wajib Pajak yang kami hormati,

Direktorat Jenderal Pajak menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi pada Wajib Pajak yang telah melaporkan SPT Tahunan PPh-nya, baik secara manual melalui KPP ataupun memanfaatkan fasilitas e-Filing.

Pemeliharaan Layanan Elektronik Ditjen Pajak

Sehubungan dengan akan dilakukan peningkatan kapasitas teknologi informasi (TI), maka layanan elektronik Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan dinonaktifkan sementara, pada tanggal 15 Maret 2016 pukul 19.00 s.d. 21.00 WIB.

Dengan peningkatan ini, layanan elektronik DJP diharapkan dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi Wajib Pajak.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama proses pemeliharaan. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

 

Permohonan Maaf Atas Ketidaknyamanan Menghubungi Kring Pajak 1500200

Kring Pajak 1500200 menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan masyarakat dalam menghubungi Contact Center Direktorat Jendral Pajak.

Kring Pajak 1500200 selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan infromasi perpajakan kepada masyarakat.

Perbaikan Sistem e-Faktur

Sehubungan dengan adanya perbaikan sistem e-Faktur, layanan auto-update aplikasi e-Faktur dan download installer aplikasi e-Faktur tidak dapat digunakan. Untuk sementara waktu Wajib Pajak dapat men-download installer update aplikasi e-Faktur ke Kantor Pelayanan Pajak setempat.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima kasih.