Flash Foto

Tax Center UNILAK Riau Gandeng Dosen Manfaatkan e-Filing

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau dan Kepulauan Riau bekerja sama dengan Tax Center Universitas Lancang Kuning (UNILAK) menyelenggarakan dialog dan edukasi perpajakan di aula perpustakaan UNILAK, Pekanbaru (16/3). Selain e-filing, dibahas juga materi tentang Amensti Pajak. Animo civitas akademika di UNILAK terkait Amnesti Pajak memang tinggi, mengingat baru akhir Februari kemarin, di tempat yang sama diselenggarakan Seminar Nasional tentang Tax Amnesty dan Manajemen Pajak.

Selama acara berjalan, peserta antusias mengajukan pertanyaan, terutama saat memasuki materi Amnesti Pajak. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pengajar bisa memanfaatkan e-Filing untuk melaporkan SPT Tahunan. Selain itu diharapkan informasi perpajakan yang diperoleh bisa dibagikan dalam perkuliahan sehingga tertanam kesadaran mahasiswa UNILAK untuk menjalankan kewajiban perpajakannya kelak. (ar/*)

Kegiatan edukasi perpajakan ini dihadiri oleh 150 civitas akademika yang utamanya berprofesi sebagai pengajar dari Unilak
Narasumber dari Kanwil bersemangat memberikan edukasi perpajakan
Peserta antusias mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab
Cara mengisi e-filing oleh petugas langsung dipraktekkan
Narasumber berfoto bersama Rektor Unilak seusai acara

Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Gelar Aksi Donor Darah

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-16/PJ.01/2011 yang berisi himbauan kepada seluruh unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin setiap tahun dan selaras dengan pelaksanaan Program Budaya DJP terkait Nilai Pelayanan, Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan donor darah di Gedung Sudirman Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Jenderal Sudirman Kav 56, Jakarta 12190 di Aula Kanwil Lantai 18 (Rabu, 15/3).

Sebanyak 135 pegawai turut berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan rutin tiap tahun oleh Kanwil DJP Wajib Pajak Besar ini. Selain diikuti oleh pegawai Kanwil dan KPP di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh para pegawai di KPP Perusahaan Masuk Bursa dan KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Satu yang juga menempati gedung Sudirman Direktorat Jenderal Pajak.

Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Mekar Satria Utama juga ikut mendonorkan darahnya. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB berakhir pada pukul 11.30 WIB. Semoga kegiatan seperti dapat selalu diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta kesehatan para pegawai di lingkungan Gedung Sudirman Direktorat Jenderal Pajak. (aw/*)

Pendaftaran dan pemeriksaan para pegawai yang mengikuti donor darah
Suasana antrean para pegawai yang mengikuti donor darah
Kakanwil DJP Wajib Pajak Besar menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum donor darah
Kakanwil DJP Wajib Pajak Besar menjalani pengambilan darah
Suasana Kegiatan Donor Darah di Gedung Sudirman

Perkuat Sinergi, KPP Pratama Makassar Adakan DJP Bugar

Dalam rangka menjunjung nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu sinergi, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan mengadakan DJP Bugar berupa kegiatan senam pagi bersama di lapangan Gedung Keuangan Negara Makassar (10/3). Hal ini dimaksudkan agar jiwa dan raga bisa saling bersinergi sehingga diharapkan dengan kesehatan yang terjaga dapat mempengaruhi militansi para pegawai KPP Pratama Makassar Selatan dalam menggapai target penerimaan. (ar/*)

Suasana senam
Suasana senam
Suasana senam

KPP Bulukumba Sambangi Bendaharawan Ajarkan e-Filing dan e-Billing

Tim sosialisasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bulukumba mendatangi para bendaharawan di Kecamatan Bontobahari Bulukmba Sulawesi Selatan untuk ajarkan e-Filing dan e-Billing di Kantor UPTD Dinas Pendidikan dan Olahraga Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba (10/2). Kegiatan diadakan selama dua hari berturut-turut dan dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari Bendahara PAUD, SD, SMP, SMA, dan Pengawas. Selain melakukan sosialisasi juga diadakan praktik langsung pengisian SPT Tahunan dan Masa secara e-Filing, serta tata cara penggunaan e-Biling agar pemahaman para Bendaharawan lebih mantap. (an/*)

Antusias Bendaharawan mengikuti sosialisasi.
Praktik langsung pengisian e-filing dan e-biling.
Sesi foto bersama dengan Kepala UPTD dan staff.

Jemput Bola, KPP Kalideres Sambangi ASN Kalideres

Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-Filing diwajibkan untuk seluruh ASN tanpa terkecuali, untuk itu KPP Pratama Jakarta Kalideres melakukan kegiatan jemput bola dengan mendatangi rekan-rekan ASN di jajaran Pemda DKI Jakarta untuk memberikan penjelasan Tata Cara Pengisian SPT Tahunan melalui e-Filing di Kantor Kecamatan Kalideres (Senin, 13/3).

Tim penyuluh dari Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Jakarta Kalideres membuka pojok pajak, teman- teman dari satuan SATPOL PP, PPSU, RPTRA, PTSP maupun pegawai kecamatan sendiri sangat antusias belajar mengoperasikan situs djponline.(aac/*)

Layanan e-Fin
Penjelasan seputar e-Filing
Penjelasan tentang bukti potong dan e-Filing
Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan menjelaskan cara pengisian e-Filing kepada rekan Satpol PP
Antusias peserta dalam mengantre untuk mendapatkan penjelasan

Kepulauan Riau Gelar Farewell Amnesti Pajak

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau dan kepulauan Riau bersinergi dengan Kantor Pajak di wilayah Kepulauan Riau selenggarakan pesta perpisahan bertajuk Farewell Amnesti Pajak di salah satu hotel di Batam (15/3). Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada Wajib Pajak di Kepulauan Riau atas dukungan dalam mensukseskan amnesti pajak yang sedianya akan berakhir sebentar lagi.

Hadir membuka acara, Kepala Kanwil DJP Riau Kepri, Jatnika, dilanjutkan testimoni yang disampaikan oleh Ketua DPP Apindo Kepulauan Riau, Cahya. Selanjutnya Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, memberikan pengarahan yang intinya mengajak kepada segenap wajib pajak yang belum memanfaatkan Amnesti Pajak untuk segera mendeklarasikan harta dan melaporkan SPH sebelum 31 Maret 2017. Rangkaian acara ditutup dengan apresiasi dari Direktorat Jenderal Pajak kepada pihak pihak yang sudah mendukung suksesnya program amnesti pajak dalam bentuk pemberian plakat.(ar/*)

Sebagai bentuk apresiasi pada masyarakat Kepulauan riau, acara diawali dengan tarian melayu
Farewell Amnesti Pajak dihadiri oleh 200 undangan dari Kepri
Narasumber berfoto bersama seuasai acara
Peserta yang beruntung mendapatkan doorprize yang dibagikan di sela sela acara
Terinspirasi dari presiden, sepeda dibagikan kepada audience.

Pegawai BPJS Gorontalo Tak Mau Kalah e-Filing

Bulan Maret adalah bulan terakhir penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Dari pegawai swasta maupun PNS wajib menyampaikan SPT Tahunan. Penyampaian SPT melalui e-filling sangatlah membantu wajib pajak sehingga tak harus datang lagi antre ke kantor pajak. Maka, karyawan maupun karyawati BPJS Cabang Kota Gorontalo mengundang KPP Pratama Gorontalo untuk memberikan Bimtek pengisian SPT melalui e-Filing di Aula Kantor BPJS Cabang Kota Gorontalo (Kamis 16/3).

Lima puluh pegawai hadiri acara tersebut. Di saat itu juga mereka melakukan pengisian SPT melalui e-filing dibantu oleh tim dari KPP Pratama Gorontalo. Diharapkan dengan diadakan bimtek tersebut, para pegawai dapat menularkan ilmunya dalam pengisian SPT melalui e-filing kepada pegawai lain di lingkungan BPJS. (afna/*)

Penyampaian materi
Peserta menyimak pemberian materi
Peserta mencoba langsung membuka dan mengisi SPT melalui aplikasi smart Phone

Seminar Nasional Kanwil DJP Riau Kepri Gugah 350 Mahasiswa

Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau bekerja sama dengan Universitas Lancang Kuning(UNILAK), STIE Pelita Indonesia dan IKPI untuk mengadakan Seminar Nasional di Aula Perpustakaan UNILAK dengan tema Manajemen Pajak dan Tax Amnesty, Pekanbaru (28/2). Acara diawali dengan penandatanganan MoU antara DJP-UNILAK dan perpanjangan masa berlaku MoU antara DJP-STIE Pelita terkait Tax Center.

Setelah perwakilan Kakanwil dan Rektor Unilak memberikan sambutan, narasumber yang berasal dari UNILAK, IKPI dan Kabid P2IP memberikan materi kepada audiens. Peserta sejumlah 350 orang berasal dari mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi, mahasiswa pasca sarjana S2 Fakultas Hukum dan anggota asosiasi IAI, IKPI, KAI, INI dan PERADI. Setelah adanya seminar ini diharapkan mahasiswa menjadi lebih mengerti aplikasi di dunia kerja dari teori yang dipelajarinya di kampus.(ar/*)

Para narasumber yang memberikan materi perpajakan pada Seminar Nasional
Acara diawali dengan penandatanganan MoU DJP-UNILAK terkait Tax Center
350 peserta seminar hadir dari kalangan asosiasi dan mahasiswa S1 maupun S2
Narasumber memberikan materi terkait aplikasi akuntansi pajak pada tax amnesty
peserta aktif mengajukan pertanyaan

Pekan Panutan SPT Meriahkan Bulukumba

KPP Pratama Bulukumba mengadakan acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bulukumba (22/2). Acara diselenggarakan di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Bulukumba dan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, dan seluruh Kepala SKPD Kabupaten Bulukumba. Hadir pula Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Sultanbatara beserta anggotanya. Bapak Bupati sangat mengapresiasi acara Pekan Panutan dan menyampaikan bahwa semua jajaran di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bulukumba siap menjadi mitra dalam merealisasikan target penerimaan KPP Pratama Bulukumba tahun 2017. (an/*)

Pembukaan acara Pekan Panutan oleh Bupati Kab. Bulukumba.
Para tamu undangan memperhatikan pemaparan tentang SPT Tahunan.
Penyerahan simbolik oleh Kabid P2Humas Kanwil DJP Sultanbatara.

Pejabat Pemerintah Bulukumba Sulsel Belajar Amnesti Pajak

Tim Sosialisasi Amnesti Pajak KPP Pratama Bulukumba kembali memberikan sosialisasi kepada para Pejabat Pemerintahan Kabupaten Bulukumba (16/2). Sosialisasi diadakan di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Bulukumba, dan diikuti oleh para kepala dinas beserta kepala bidang di lingkungan pemerintahan. Dalam kesempatan ini hadir pula Wakil Bupati Bulukumba yang mengapresiasi kegiatan ini  karena dapat memberikan informasi yang lebih jelas mengenai program Amnesti Pajak. (AN/*)

Wakil Bupati Bulukumba membuka kegiatan sosialisasi.
Sosialisasi diikuti para kepala dinas dan kepala bidang.
Pemberian cendera mata oleh Kepala KPP Pratama Bulukumba.