Flash Foto

KPP Pratama Baubau Peringati Hari Oeang Ke-70 bersama Mitra Kerja Sektor Keuangan

Peringatan Hari Oeang Ke-70 Tahun 2016 dijadikan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baubau Sulawesi Tenggara sebagai sarana untuk mempererat hubungan dengan mitra kerja sektor keuangan. Hal ini diwujudkan dengan diadakannya gelaran Turnamen Olahraga Hari Oeang bersama Mitra Kerja Sektor Keuangan di lingkungan kerja KPP Pratama Baubau (30/10). Terhitung beberapa instansi turut diundang untuk meramaikan acara ini. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, beberapa Instansi Perbankan, Pegadaian, Dispenda Kota Baubau dan Kantor Pos ikut ambil bagian dalam acara. Setelah rangkaian acara Turnamen Olahraga, acara peringatan Hari Oeang masih berlanjut dengan digelarnya acara Jalan Santai yang juga melibatkan seluruh pegawai dari instansi undangan. Jalan santai ini diakhiri dengan acara musik dan pembagian hadiah untuk para peserta.

Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia yang ke-70 ini diakhiri dengan digelarnya upacara sebagai puncak acara. Para undangan dari instansi mitra kerja sektor keuangan pun turut hadir. Upacara ini sekaligus sebagai ajang pemberian anugrah Satya Lencana untuk pegawai KPP Pratama Baubau dan KPPN Baubau sekaligus pemberian piala pada pemenang masing-masing cabang olahraga serta penyerahan piala bergilir bagi juara umum di Turnamen Olahraga Hari Oeang. Digelarnya rangkaian acara Peringatan Hari Oeang ini diharapkan mampu mempererat hubungan kerjasama antar instansi sektor keuangan yang ada di wilayah kerja KPP Pratama Baubau. Dengan terjalinnya hubungan yang baik dengan instansi lain, diharapkan proses pertukaran data maupun proses lain yang melibatkan koordinasi dapat berjalan lebih lancar. Hal ini nantinya akan mempermudah usaha dalam meningkatkan pencairan target penerimaan KPP Pratama Baubau. (sr/*)

Para Aparat Pajak KPP Pratama Baubau berfoto bersama setelah acara Jalan Sehat
Suasana Khidmat Upacara Peringatan Hari Oeang
Penyerahan Piala Juara Umum Turnamen Olahraga Hari Oeang
Tim Futsal KPP Pratama Baubau
Tim Voli KPP Pratama Baubau

JICA dan NTC Kunjungi Kanwil DJP Wajib Pajak Besar

Sebagai bagian kerjasama antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), delegasi JICA dan Japan National Tax College (NTC) pada hari Kamis, 12 Januari 2017 melakukan kunjungan ke Kanwil DJP Wajib Pajak Besar di Gedung Sudirman Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Jenderal Sudirman Kav 56 Jakarta. Delegasi yang melakukan kunjungan ke Kanwil DJP Wajib Pajak Besar yaitu Osamu Tanaka (Presiden NTC), Katsuya Kida (Assitant Director NTC), dan Obayashi Misuo (National Tax Agency/NTA) dan didampingi oleh Naofumi Kosugi selaku Tenaga Ahli JICA yang ditugaskan di DJP. Dalam kunjungan ini, Delegasi JICA, NTA dan NTC bermaksud untuk melihat proses bisnis di Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar dan juga KPP-KPP di lingkungannya. Selain itu, Delegasi juga ingin mengetahui mengenai program pengembangan kapasitas SDM di Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, implementasi sistem informasi dan juga manajemen Amnesti Pajak.

Delegasi disambut oleh Kepala Bagian Umum, Yond Rizal mewakili Kepala Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar dan didampingi oleh Kepala Bidang Keberatan dan Banding, Adnan Muis. Dalam sambutannya, Yond Rizal menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Delegasi JICA, NTA dan NTC ke Kanwil DJP Wajib Pajak Besar dan berharap para delegasi bisa memperoleh pengetahuan yang diinginkan selain membagi pengalaman mengenai manajemen Wajib Pajak Besar di Jepang. Setelah beberapa paparan yang diberikan oleh para narasumber, delegasi diajak untuk melihat tempat layanan Amnesti Pajak KPP Wajib Pajak Besar Empat dan juga mengunjungi KPP Wajib Pajak Besar Tiga untuk melihat proses bisnis. Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB ditutup pada pukul 13.00 dengan acara ramah tamah. Semoga kunjungan delegasi Jepang bisa membawa manfaat terhadap Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, khususnya terkait dengan pengembangan kapasitas SDM serta peningkatan sistem informasi yang bisa membantu proses bisnis menjadi lebih baik lagi.(aw/*)

Suasana Paparan Materi mengenai Proses Bisnis Kanwil DJP Wajib Pajak Besar
Delegasi JICA, NTA dan NTC berdiskusi dan mengajukan pertanyaan
Delegasi diajak melihat tempat layanan Amnesti Pajak di KPP Wajib Pajak Besar Empat
Kunjungan ke KPP Wajib Pajak Besar Tiga
Foto Bersama Delegasi dan Tim Kanwil DJP Wajib Pajak Besar

Sambut 2017, KPP Pratama Jakarta Kalideres Gelar Refleksi Akhir Tahun

Menutup rangkaian kegiatan selama 2016, KPP Pratama Jakarta Kalideres menggelar refleksi akhir tahun dengan tema "Dengan Tekad Bekerja Keras, Menyongsong Tahun 2017 Yang Gemilang" pada Jumat, 30 Desember 2016 di Pelataran KPP Pratama Jakarta Kalideres.

"Tercapainya target penerimaan tahun 2016, semoga menjadi pemicu semangat bekerja keras di tahun 2017" harap Reza Saleh, Kepala KPP Pratama Jakarta Kalideres saat memberikan sambutan dalam moment istimewa ini.

Kegiatan diisi dengan berbagai performance dari masing-masing seksi yang ditampilkan sepanjang acara berlangsung dan juga acara perpisahan pegawai memasuki masa purnabhakti di Desember 2016. Untuk menyemarakkan kegiatan, juga diadakan pembagian bingkisan dan doorprize kepada pegawai dan rekan honorer serta api unggun yang berisi renungan suci merefleksikan apa yang telah dikerjakan selama 2016 dan tekad yang akan dilakukan pada 2017.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri oleh seluruh pegawai.

Selamat Tahun Baru Negriku, Jayalah Selalu Indonesiaku.(aac/*)

Foto bersama Kepala KPP Pratama Jakarta Kalideres dengan pegawai yang akan pensiun
Perpisahan pegawai yang memasuki masa purnabhakti
Performance dari Seksi Pengawasan dan Konsultasi I
Merasakan kegembiraan karena salah satu pegawai memasuki masa purnabhakti yang berulang tahun
Api unggun, merefleksikan apa yang telah dikerjakan selama 2016 dan tekad yang akan dilakukan pada 2017

Kuis Rangking 1 Pajak Meriahkan Kota Tidore Kepulauan

KP2KP Tidore bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan menyelenggarakan acara Tax Goes To School di Aula Diknas, Kamis (15/12). Acara yang diikuti oleh 6 SMA yang berada di wilayah Tidore ini bertujuan untuk mengenalkan pajak lebih dini kepada para siswa.

Acara dimulai 10.00 WIT yang dibuka Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan. "Acara ini sangat bagus sekali untuk pengetahuan siswa dan saya harap acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap 6 bulan sekali." Ujarnya dalam sambutan pembukaan acara.

Acara TGTS kali ini sedikit berbeda dari biasanya, kali ini KP2KP Tidore mengemasnya menjadi kuis Rangking 1 Pajak. Jadi para peserta akan diberikan pertanyaan seputar pajak dan pengetahuan umum. Para pesserta diberikan waktu 5 sampai 10 detik untuk menjawab dan setelah dan kemudian mengangkat jawaban mereka. Peserta yang jawabanya salah akan dikeluarkan dari arena kuis. Peserta dengan jawaban benar akan lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Peserta yang bertahan sampai akhir acaralah yang menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah utama berupa Handphone Android.

Sebelum kuis dimulai, terlebih dahulu disampaikan materi perpajakan oleh Kak Insan Hanifian yang merupakan pegawai KP2KP Tidore. selain untuk persiapan sebelum mengikuti kuis, tujuan utama penyampaian materi ini agara para siswa mengetahui pengertian dan manfaat pajak bagi kehidupan bernegara. Sehingga saat mereka sudah memasuki dunia kerja mereka sudah mengetahui apa saja hak dan kewajiban mereka sebagai seorang Wajib Pajak.

Kuis rangking 1 pajak dimulai dengan penampilan yel- yel pajak dari setiap sekolah. Acara berlangsung asik dan meriah. Acara ini sekaligus menjadi hiburan bagi para siswa setelah menyelesaikan Ujian Semester. "Acaranya sangat bagus pak, saya lihat para siswa sangat antusias mengikuti acara tadi" tutur salah satu guru pembimbing kepada pegawai KP2KP. Acara ditutup dengan pembagian hadiah bagi juara yel-yel dan kuis Rangking 1 pajak.(ram/*)

Pembagian hadiah bagi para juara
Antusiame para peserta
Sambutan dan Pembukaan oleh Sekertaris Dinas Pendidikan
Penyampaian materi perpajakan
Kemeriahan kuis rangking 1 pajak

Tidak Betah di Rutan, WP Lunasi Utang Pajak dan Ikut Amnesti Pajak

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan serta Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan penyanderaan (gijzeling) terhadap penanggung pajak PT. MMS dengan inisial RT yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Utara pada bulan Desember 2016.

Penyanderaan dilakukan secara hati-hati kepada wajb pajak yang memiliki utang di atas Rp100 juta dan dinilai memiliki kemampuan ekonomi untuk melunasi utang pajaknya namun tidak memiliki itikad baik untuk melunasi utang pajaknya. Hal ini dilakukan setelah menempuh upaya himbauan, teguran, surat paksa, dan cekal akan tetapi wajib pajak tak kunjung melunasi hutang pajaknya. Dalam melakukan penyanderaan juga dilibatkan tenaga medis untuk memastikan kondisi kesehatan wajib pajak.

Dalam proses penyanderaan wajib pajak sudah ditawarkan untuk mengikuti program pengampunan pajak, hal ini disebabkan apabila wajib pajak mengikuti program pengampunan pajak utang yang harus dibayar hanya sebesar pokoknya saja. Setelah satu malam di lapas kelas IIB Takalar, wajib pajak melakukan proses pembayaran pokok hutang pajak dan mengikuti program pengampunan pajak.

Penyanderaan dilakukan dengan tujuan memberikan efek jera bagi para penunggak pajak yang sampai hari ini belum melunasi utang pajaknya. Ditjen Pajak berharap agar para Wajib Pajak yang memiliki utang pajak untuk segera memanfaatkan program pengampunan pajak (tax amnesty) yang akan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang.

Selain dilakukan penagihan aktif dengan penyanderaan, DJP juga melakukan penagihan secara persuasif yaitu melalui himbauan dan konseling dengan menekankan apabila wajib pajak mengikuti pengampunan pajak maka hanya membayar pokok utang pajaknya dan sanksi akan dihapus. Upaya persuasif dilakukan karena masih banyak wajib pajak yang belum melunasi hutang pajaknya.(yai/*)

Penjelasan Narasumber
Wartawan bertanya
Pemaparan Kadiv Kanwil Kemenhukham Sulsel
Suasana Konferensi Pers

UMKM Bengkulu dan Lampung Ikut Amnesti Pajak

Untuk mendukung program Amnesti Pajak periode II dan III dan meningkatkan jumlah Wajib Pajak yang memanfaatkan dan mengikuti program Pemerintah ini, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung mengadakan Sosialisasi Amnesti Pajak dengan wajib pajak sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Aula Lantai 5 Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Kamis (8/12).

Acara yang dihadiri 70 peserta wajib pajak dari sektor UMKM ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Rida Handanu yang sekaligus menyampaikan materi tentang Ketentuan Umum Amnesti Pajak. Sedangkan materi Teknis Penyampaian Form SPH disampaikan oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Eny Suryani.

Selanjutnya sesi Tanya Jawab yang paling membuat acara sosialisasi lebih semangat karena peserta sangat antusias menyampaikan pertanyaan seputar Amnesti Pajak ini. Panitia Acara mengharapkan agar acara ini dapat memberikan penjelasan dan pemahaman kepada para Wajib Pajak dan diharapkan setelah ini Wajib Pajak tidak ragu lagi untuk memanfaatkan program Amnesti Pajak.(aa/*)

Peserta Sosialisasi melakukan registrasi di depan pintu masuk Aula Kanwil DJP BeLa
Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung saat menyampaikan materi Amnesti Pajak
Peserta sedang mendengarkan materi dari Kakanwil
Penyampaian materi tentang Teknis Pengisian SPH oleh Kasi Kerjasama dan Humas

Hasil Lelang KPP Baubau Menambah 612,5 Juta Ke Kas Negara

Dalam upaya menggenjot penerimaan akhir tahun, KPP Pratama Baubau Sulawesi Tenggara menggelar Lelang Eksekusi Barang Sitaan Penunggak Pajak untuk ketiga kalinya pada tahun ini. Acara lelang ini dilaksanakan pada Kamis (22/12) di ruang aula KPP Pratama Baubau setelah sehari sebelumnya, pada Rabu (21/12) digelar aanwizjing atau penjelasan tentang segala hal mengenai lelang kepada para peserta lelang. Sebanyak 3 (tiga) buah kendaraan berupa truk dan alat berat sukses terjual di gelaran lelang ini dengan total nilai bersih yang disetor ke kas negara senilai Rp. 612.500.000,00. Barang yang dilelang kali ini merupakan aset dari penunggak pajak an. PT. BBDM yang memiliki tunggakan pajak senilai 6,2 Miliar. Kegiatan lelang ini sendiri dilaksanakan sebagai wujud komitmen pelaksanaan law enforcement atau penegakan hukum oleh Direktorat Jenderat Pajak yang dalam hal ini diwakili oleh KPP Pratama Baubau sebagai unit pelaksana. (sr/*)

Kepala KPP Pratama Baubau memberikan sambutan sebelum acara lelang berlangsung
Suasana lelang KPP Pratama Baubau
Suasana Pelaksanaan Aanwizjing lelang
Suasana lelang KPP Pratama Baubau

Pasar Inpres Manonda Palu Dikunjungi Tim Amnesti Pajak

Program Amnesti Pajak yang bergaung seantero Indonesia telah mendekati akhir periode kedua. Pada periode kedua ini tarif tebusan Amnesti Pajak yakni 3 persen. Tarif tersebut akan berubah menjadi 5 persen pada periode ketiga sesuai Undang-Undang Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak. Oleh karena tarif yang akan mengalami kenaikan 2 persen di periode ketiga, maka Direktorat Jenderal Pajak menggalakkan sosialisasi melalui Kampanye Simpatik Amnesti Pajak.

Tak luput dari kampanye tersebut, Pasar Manonda Inpres Palu juga dikunjungi oleh tim Kampanye Amnesti Pajak (9/12). Sosialisasi tersebut diawali pengarahan dari Kepala KPP Pratama Palu, Sihaboedin Effendi. Dalam pengarahan singkatnya, Sihaboedin mengingatkan agar pegawai pajak tetap semangat untuk mengejar penerimaan hingga akhir tahun 2016. "Kita harus semangat dalam melaksanakan sosialisasi Amnesti Pajak untuk mengamankan penerimaan pajak khususnya di Palu", ujar Sihaboedin. Disamping itu, Sihaboedin juga menyinggung pentingnya Program Amnesti Pajak bagi para pelaku usaha.

Di sisi lain, para pelaku usaha disekitar komplek pasar Manonda Inpres Palu juga cukup antusias menerima penjelasan tentang Amnesti Pajak. Mereka menuturkan bahwa masih kurangnya informasi yang didapat tentang Amnesti Pajak. Sehingga mereka tidak mengerti dengan tata cara dan manfaat yang diperoleh ketika mengikuti Amnesti Pajak. Dan dengan sosialisasi tersebut, mayoritas pengusaha berterimakasih atas sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh petugas pajak. Dan mereka menyatakan akan mengikuti Program Amnesti Pajak.

Dalam kesempatan itu, Sihaboedin juga menyematkan pin Anti Korupsi kepada Lurah Kamonji dan pihak Kepolisian sektor Palu Barat. Setelah penyematan tersebut, tim Amnesti Pajak membagi-bagikan gantungan kunci kepada pengguna jalan. Gantungan kunci tersebut dibagikan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember. Dengan kampanye Hari Anti Korupsi ini, pegawai pajak turut mendukung terciptanya budaya anti korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, khususnya di KPP Pratama Palu. Acara ditutup dengan penyerahan plakat oleh Sihaboedin kepada Lurah Kamonji, H. Muchsen Achmad S.H. (izr/*)

Foto Tim Kampanye Amnesti Pajak
Petugas Kampanye Simpatik Menjelaskan Amnesti Pajak Pada Pelaku Usaha Pakainan
Petugas Pajak Menjelaskan Amnesti Pajak Pada Pelaku Usaha Telepon Selular
Petugas Kampanye Simpatik Membagikan Gantungan Kunci Hari AntiKorupsi
Kepala KPP Pratama Palu Menyerahkan Plakat Pada Lurah Kamonji

Bantu UMKM, KPP Pratama Mempawah Buka Business Development Service

Peran penting UMKM dalam perekonomian negara menjadi pendorong Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mempawah untuk menggelar acara Business Development Service dengan tema "Raih Omzet Jutaan dalam Waktu Singkat" di Hotel Dangau Kubu Raya, Jumat (23/12).

Acara yang dihadiri oleh para pelaku UMKM Kabupaten Kubu Raya ini dibuka oleh Kepala KPP Pratama Mempawah, Suharto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sektor UMKM merupakan penggerak perekonomian Indonesia dan mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap penerimaan pajak. UMKM diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Untuk itu, pada kegiatan kali ini, KPP Pratama Mempawah tidak hanya memberi tambahan pengetahuan perpajakan, tetapi juga memberikan tambahan ilmu lainnya yaitu tentang bagaimana memngelola UMKM dengan baik dan bagaimana cara pemasaran produk yang tepat. Berntindak selaku narasumber dalam acara ini adalah Anton Juniardy dari PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Kalbar dan Rizal Kurnuady (owner Raja Uduk).

Diharapkan dengan acara ini wirausaha terutama UMKM di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kuburaya dapat berkembang, "naik kelas" dan siap bersaing di dunia usaha yang lebih maju.(djs/*)

Suasana kegiatan BDS di Hotel Dangau
Suasana kegiatan BDS di Hotel Dangau Kubu Raya
Salah Satu Pemateri Menyampaikan Materi.
Foto Pemberian Souvenir Kepada Peserta
Foto Bersama Panita dengan Pemateri

Dinkes Gorontalo Adakan Bimtek Perpajakan dan Pelayanan Kefarmasian

Tim Penyuluh KPP Pratama Gorontalo menghadiri kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Prov. Gorontalo berlokasi di Ballroom Maqna Hotel, Senin (19/12). Peserta yang hadir merupakan staff-staff dari Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Gorontalo terutama bidang perencanaan dan keuangan.

Pada acara ini, tim penyuluh memberikan materi terkait aspek perpajakan sehubungan dengan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Pelayanan Kefarmasian.(crl/*)

Pemateri memberikan penjelasan
Tim Penyuluh bersama Moderator membuka acara
Peserta memperhatikan dan mencatat penjelasan pemateri
Tim Penyuluh memberikan masukan-masukan untuk para peserta