Flash Foto

Tax Center Panca Bhakti Pontianak Resmi Beroperasi

Kanwil DJP Kalimantan Barat dan Akademik Perpajakan Panca Bakti Pontianak melakukan penandatanganan MoU Pembentukan Tax Center di Ballroom Hotel Kapuas Palace Pontianak (Rabu, 17/1).

Sekitar 200an Mahasiswa dan Staf Pengajar Akademi Perpajakan Panca Bhakti Pontianak hadir dalam acara ini. Selain Penandatanganan MoU, dalam acara ini juga diberikan Kuliah Umum Perpajakan tentang Pengungkapan Aset Sukarela dengan tariff Final (PAS Final) yang disampaikan Kakanwil DJP Kalbar, Slamet Sutantyo.

Slamet mengharapkan dengan penandatanganan MoU ini penyampaian informasi perpajakan kepada mahasiswa khususnya di Akademi Perpajakan Panca Bhakti Pontianak dapat tersampaikan dengan lebih mudah dan lebih baik lagi.

Pemberian Cinderamata oleh Kakanwil DJP Kalbar kepada Direktur Akademio Perpajakan Panca Bakti Pontianak
Kakanwil DJP Kalbar dan Direktur Akademin Perpjakan Panca Bhakti Menandatangani MoU Pembentukan Tax Center
Penandatangan MoU Pembentukan Tax Center
Suasana Kegiatan MoU dan Sosialisai Perpajakan Kepada Mahasiwa Akademi Perpajakan Panca Bhakti Pontianak
Mahasiswa Akademi Perpajakan Panca Bhakti Pontianak menyambut para undangan dengan Tarian Pembuka Acara

Gelar Rakorda, Kanwil Jateng I Tetapkan Strategi Penggalian Potensi

Kanwil DJP Jawa Tengah I menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di aula KPP Pratama Pati, Pati (11/1). Rakorda berrlangsung selama dua hari hingga 12 Januari 2018.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I memberikan apresiasi kepada KPP Pratama Batang atas capaian penerimaan tertinggi Tahun 2017 sebesar 103,41%
Peserta simak pengarahan dari Kakanwil DJP Jateng I
Paparan oleh Kepala KPP Pratama Tegal
Kepala Kanwil bersama dengan Para Pejabat Eselon III di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I

33 PTS Sulawesi Utara Ikuti Inklusi Kesadaran Pajak

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) bekerjasama dengan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi menggelar "Sharing Session Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan" kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Provinsi Sulawesi Utara di aula Gedung Keuangan Negara Manado (Kamis, 18/1).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Program Inklusi Kesadaran Pajak yang dikembangkan oleh DJP sejak tahun 2014 setelah kick off yang digelar serentak seluruh Indonesia pada tanggal 11 Agustus 2017 lalu dengan adanya perhelatan edukasi pajak berupa kegiatan Pajak Bertutur.

Kegiatan yang diikuti 65 Dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) ini merupakan perwakilan dari 33 PTS. Acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pajak dan bagaimana pembelajaran kesadaran pajak dalam perkuliahan sehingga dapat terwujud generasi Emas Indonesia Cerdas dan Sadar Pajak.

Roadmap inklusi kesadaran pajak terbagi menjadi tiga masa: Masa Edukasi (2014-2030) dimana kesadaran pajak dibelajarkan kepada peserta didik, tenaga pendidik, orang tua, dan masyarakat, Masa Kesadaran (2030-2045) di mana pendidikan kesadaran pajak terus berlanjut dan diwujudkan dalam produk hukum lembaga pemerintah/swasta, dan Masa Kesejahteraan (2045-2060) di mana kepemimpinan nasional/daerah sudah fokus kepada pajak dan warga negara merasa malu jika belum melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Suluttenggomalut, FN Rumondor membuka kegiatan
Trainer Inklusi Kanwil DJP Suluttenggomalut, Muhammad Syahroni, menyampaikan peranan pajak dalam APBN
Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Hawignyo, menyampaikan kebijakan DIKTI dalam Inklusi
Perwakilan Tax Center Politeknik Negeri Manado, Anita Ludia Vivian Wauran, menyampaikan Implementasi Pembelajaran Kesadaran Pajak
Salah satu peserta saat membuka microsite edukasi.pajak.go.id

KPP Sorong Adakan Pengambilan Sumpah Jabatan ASN

KPP Pratama Sorong mengadakan acara Pengambilan Sumpah Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi 19 orang pegawai di lantai 2 KPP Pratama Sorong (Rabu, 20/12). Peserta adalah Pegawai Negeri Sipil yang berkerja dan ditempatkan di KPP Pratama Sorong termasuk didalamnya Pegawai Negeri Sipil yang bekerja dan ditempatkan di KP2KP Fakfak, KP2KP Kaimana dan KP2KP Teminabuan yang masuk ke dalam wilayah kerja KPP Pratama Sorong.

Acara Pengambilan Sumpah Jabatan ASN dipimpin oleh Kepala Kanwil DJP Papua dan Maluku (Ka.Kanwil DJP PaMalu), Wansepta Nirwanda. Pada kesempatan tersebut Ka.Kanwil DJP PaMalu berpesan agar peserta tetap konsisten dengan apa yang telah diucapkan dalam sumpah jabatan ASN dan selalu menjaga nilai-nilai Kementerian Keuangan saat melaksanakan tugas sehari-hari serta siap bekerja keras dan tetap semangat dalam mengamankan target penerimaan negara. Acara Pengambilan Sumpah Jabatan ASN ini dimulai pukul 15.30 WIT dan berlangsung selama 90 menit.

Suasana saat pengabilan sumpah jabatan ASN
Acara dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJP Papua dan Maluku
Suasana saat pengabilan sumpah jabatan ASN
Para peserta acara pengabilan sumpah jabatan ASN
Para peserta acara pengabilan sumpah jabatan ASN

Tiga KPP Kaltimra Terima Pembinaan dan Arahan Kakanwil

Kepala Kanwil DJP Kaltimra memberikan pembinaan kepada seluruh pegawai dari KPP Madya Balikpapan, KPP Pratama Balikpapan, dan KPP Pratama Penajam di Balikpapan (Jumat, 5/1).

Dalam kegiatan tersebut, Kakanwil memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas kerja keras seluruh pegawai dan juga memotivasi para pegawai agar tetap semangat bekerja di awal tahun ini. Sebelumnya seluruh pegawai Kanwil DJP Kaltimra telah terima pembinaan dan pengarahan dari Kepala Kanwil DJP Kaltimra.

 

Sambutan dari Kepala Bagian Umum, Bapak Winahju Mahartono
Pengarahan oleh Kakanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara
Antusias dari pegawai yang mengikuti rapat pengarahan
Sharing Success Story dari salah seorang pegawai
Ucapan terimakasih dari Kepala KPP Madya Balikpapan

KP2KP Tanah Grogot Gelar Bimtek eSPT Bagi Bendahara Longkali

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan Bendahara Desa dalam pemungutan pajak dan penyampaian SPT Masa, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tanah Grogot menggelar Bimbingan Teknis Tatacara Penyampaian SPT secara elektronik (eSPT) bagi Bendahara Desa se-Kecamatan Longkali di Aula Kecamatan Longkali (Selasa, 16/1). Acara diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari 22 Bendahara Desa, Operator, dan perwakilan dari desa-desa se Kecamatan Longkali.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari Sosialisasi Kewajiban Perpajakan Bendara Desa se Kecamatan Longkali yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam sosialisasi tersebut KP2KP Tanah Grogot menekankan pentingnya penyampaian SPT bagi setiap Bendahara Desa karena rendahnya kepatuhan Bendahara Desa dalam penyampaian SPT. Menindaklanjuti animo Bendahara Desa untuk menyampaikan SPT maka digelarlah Bimbingan Teknis penyampaian SPT secara elektronik. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan setiap bendahara desa selalu disiplin dalam melaporkan SPT Masa dengan menggunakan aplikasi eSPT.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WITA berakhir pada pukul 16.00 WITA karena tingginya semangat bendahara untuk belajar sedikit demi sedikit tatacara penginputan transaksi dan pembuatan eSPT. Adapun jenis aplikasi yang diajarkan adalah eSPT Masa PPh 21, PPh 22, PPh 23, PPh Pasal 4 Ayat (2) dan SPT Masa PPN 1107 PUT. "Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar para Bendahara Desa sudah mulai lapor SPT Masa Pajak Desember 2017 menggunakan aplikasi eSPT yang diajarkan," tutup Ketua Pendamping Desa Kecamatan Longkali Zainal sekaligus menutup acara hari itu.

Pembukaan Bimbingan Teknis Aplikasi eSPT oleh Kepala KP2KP Tanah Grogot
Proses Penginstalan Aplikasi e-SPT dan Pemberitahuan Kewajiban Lapor SPT
Bimtek eSPT oleh Khoirun Arifbillah Pelaksana KP2KP Tanah Grogot

Bendahara KPU se-Kutai Kartanegara Peroleh Edukasi Perpajakan

Memenuhi undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Kutai Kartanegara (Kukar), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tenggarong hadiri acara Rapat Kerja Pengelolaan/Pertanggungjawaban Keuangan dan Logistik Badan Ad Hoc Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018 di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong (Kamis, 11/1)

Acara dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kab. Kutai Kartanegara dari setiap Kecamatan, BPKP Provinsi Kalimantan Timur. Dalam kesempatan ini, Tim dari KPP Pratama Tenggarong memaparkan kewajiban-kewajiban perpajakan yang harus dilaksanakan oleh Bendahara KPU Kab. Kutai Kartanegara dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait masalah perpajakan yang sering dihadapi oleh Bendahara KPU Kab. Kutai Kartanegara.

 

 

Suasana ketika AR melakukan pemaparan kewajiban perpajakan
Suasana rapat yang diselenggarakan oleh KPU Kab. Kutai Kartanegara
Kasi Waskon IV menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anggota rapat

Pegawai KPP Pratama Gianyar Cegah Stress Bersama

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar menggelar In House Training Management Stress di Aula KPP Pratama Gianyar (Selasa, 12/12).  Pada acara ini, KPP Pratama Gianyar mengundang seorang profesional sebagai trainer, Rurin Hari Mardewita. Seluruh pegawai KPP Pratama Gianyar antusias mengikuti acara ini mengingat manfaatnya yang baik. Dengan management stress yang baik, seseorang dapat mengendalikan dirinya dan menghindari depresi.

Pembicara, Rurin Hari Mardewita saat perkenalan di awal acara
Gelak tawa mengiringi jalannya acara
Para pegawai memberikan perhatian sepanjang acara berlangsung

KPP Balikpapan Tingkatkan terus Kualitas Pelayanannya

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Balikpapan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dengan mengadakan IHT di aula KPP yang bertemakan Keep In Touch dengan layanan pajak lainnya (Selasa, 02/01). Materi IHT ini disajikan oleh perwakilan Account Representative Seksi Waskon I yaitu Said Ridho Abdillah. Pada IHT kali ini materi dititikberatkan pada layanan konsultasi perpajakan tentang mekanisme dan etika pelayanannya.

 

Said Ridho Abdillah menyampaikan materi IHT
Jalannya IHT
Suasana IHT

Siswa SMK Negeri 1 Bangli Mengenal Pajak

KPP Pratama Gianyar turut memberikan sosialisasi mengenai perpajakan dan alur kerja di KPP Pratama Gianyar dalam kegiatan pembekalan praktek kerja lapangan bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Bangli (Kamis, 21/12). 

Antusias siswa-siswi terlihat dari keaktifan mereka dalam melontarkan pertanyaan maupun menjawab pertanyaaan dari pembicara. Diharapkan dengan kegiatan ini, siswa-siswi SMK Negeri 1 Bangli dapat mengenal pajak lebih dalam lagi.

Siswa fokus mendengarkan pembicara
Keaktifan siswa saat pembicara mengajukan pertanyaan
Suasana sosialisasi di ruang kelas SMKN 1 Bangli