Video profesionalisme Ditjen Pajak selesaikan sengketa

Tidak jarang dalam perhitungan pajak, melalui keluarnya Surat Ketetapan Pajak (SKP) terjadi perbedaan antara petugas pajak/dan wajib pajak. Banyak dari perbedaan itu dikarenakan adanya perbedaan persepsi dalam menerapkan undang-undang perpajakan. Wajib pajak pun dapat mengajukan keberatan atas diterbitkannya SKP tersebut di kantor wilayah (kanwil) atau di wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di mana wajib pajak terdaftar.

Namun Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak pun memiliki hak untuk mempertahankan SKP untuk mengamankan pendapatan negara dari sektor pajak. Jika pada akhirnya proses di Kanwil tetap terjadi perbedaan pendapat, maka wajib pajak berhak untuk mengajukan keberatan dan banding di Pengadilan Pajak.

Data yang tercatat di Ditjen Pajak di tahun 2012, terdapat 3.718 hasil putusan Pengadilan Pajak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.744 berkas dilakukan evaluasi dan hasilnya sebanyak 1.238 berkas putusan dilakukan peninjauan kembali. Evaluasi dilakukan demi meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wajib pajak dalam proses penyelesaian sengketa perpajakan.

Dalam menyelesaikan sengketa pajak ini, Ditjen Pajak terus meningkatkan profesionalisme dan integritas para pegawai pajak yang menangani keberatan dan banding wajib pajak. Namun Ditjen Pajak juga berharap para wajib pajak dapat lebih memahami, mengetahui, dan melaksanakan penghitungan pajak, penyetoran pajak, dan pelaporan pajak yang benar. Sehingga tidak timbul koreksi oleh petugas pajak dan diterbitkan SKP oleh Ditjen Pajak.

Berikut video profesionalisme Ditjen Pajak selesaikan sengketa: