Video pesatnya perkembangan KLIP, jadikan mutu pelayanan pajak

Untuk meningkatkan mutu pelayanan perpajakan, Direktorat Jendral (Ditjen) Pajak telah membentuk Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan (KLIP). KLIP ini mengelola call center yang disebut Kring Pajak 500200. Di dalam Kring Pajak 500200 ini terdapat para agen yang siap memberikan pelayanan informasi dan pengaduan perpajakan melalui sambungan telepon.

KLIP sendiri dibentuk dengan proses yang matang. Kring Pajak 500200 dibentuk pada tahun 2007, dengan melakukan pengembangan aplikasi non vilar yang kemudian merupakan dasar dibentuknya outbound call center. Kemudian tahun 2008, dibentuklah inbound call center, yang mendasari terbentuknya Kring Pajak 500200.

Di tahun 2012, inbound dan outbound call center kemudian digabung menjadi Kring Pajak 500200, KLIP, Ditjen Pajak. Perkembangan KLIP tergolong pesat. Dalam memberikan pelayanan, para agen terbantu oleh adanya web sistem aplikasi Tax Knowledge Base, yang dikembangkan di Direktorat Penyuluhan dan Pelayanan (P2) Humas.

Aplikasi sistem yang berbasis teknologi informasi tersebut, memudahkan para agen untuk menjawab pertanyaan dari wajib pajak. Aplikasi ini akan terus diupdate dan dimutakhirkan seiring dengan terbitnya peraturan perpajakan.

Berikut videoPesatnya perkembangan KLIP jadikan mutu pelayanan perpajakan: