Video perjuangan juru sita Ditjen Pajak investigasi di Papua

Melakukan penyitaan terhadap aset wajib pajak yang tak mengindahkan kewajibannya membayar pajak, bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika aset tersebut berada di wilayah pedalaman Indonesia timur. Banyak tantangan yang harus dihadapi petugas pajak. Seperti yang dilakukan para petugas pajak saat akan melakukan investigasi ke wilayah Bintuni, Manokwari, Papua.

Memulai proses penyitaan, tidak bisa dilakukan dengan tindakan kesewenang-wenangan. Perlu prosedur yang sudah diatur dalam undang-undang. Hal yang pertama dilakukan adalah melakukan penelitian data yang bisa dipertanggungjawabkan dan investigasi. Meski terbayang di pelupuk mata tantangan yang akan dihadapi. Namun petugas pajak tidak akan menyerah. Inilah tugas mulia yang akan dilakukan demi menjaga pembangunan tanah air tercinta ini tetap terlaksana.

Lokasi investigasi masuk wilayah KPP Pratama Manokwari. Sebelumnya, petugas pajak terlebih dahulu melakukan prosedur pelaporan kepada Kepala KPP Pratama Manokwari. Setelah itu, survei dilakukan. Namun waktu terus berjalan, malam hari pun tiba. Dengan menggunakan kendaraan modifikasi, petugas pajak kemudian berangkat ke lokasi yang diduga menjadi tempat penyimpanan aset berupa kayu dari wajib pajak yang melakukan penunggakan pembayaran pajak. Disinilah dimulai perjuangan juru sita dalam menghadapi wajib pajak.

Berikut video perjuangan petugas juru sita Ditjen Pajak dalam melakukan investigasi di pedalaman Papua: