Video mengintip proses penyelesaian sengketa pajak

Pengadilan Pajak merupakan tempat penyelesaian sengketa pajak usai keberatan yang diajukan wajib pajak di kantor wilayah tempat wajib pajak terdaftar. Di Pengadilan Pajak inilah, wajib pajak memiliki hak untuk mempertahankan perhitungan perpajakannya.

Pengadilan Pajak tidak sama dengan pengadilan umum. Selain hanya menuntaskan masalah yang berkaitan dengan sengketa pajak, dalam prosesnya tidak ada istilah kasasi. Namun jika wajib pajak atau Ditjen Pajak masih belum puas dengan keputusan hakim, maka dapat mengajukan Peninjauan Kembali.

Untuk menjaga profesionalisme dalam proses penyelesaian banding di Pengadilan Pajak, pihak Ditjen Pajak yang diwakili pegawai pajak dari Direktorat Keberatan dan Banding, tidak boleh berhubungan dengan wajib pajak, yang biasanya diwakili oleh kuasa hukum mereka. Komunikasi antara kedua belah pihak hanya bisa dilakukan di depan hakim.

Bersidang di Pengadilan Pajak memang bukanlah hal yang mudah. Perlu kesabaran ekstra dan persiapan yang matang demi mempertahankan pendapatan negara dari sektor pajak. Namun semua itu dilakukan para penelaah keberatan dengan kesungguhan dan integritas yang tinggi.

Berikut video mengintip proses penyelesaian sengketa pajak: