Video menggali penerimaan pajak dari tanah Papua

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak secara strategis telah menempatkan sejumlah KPP Pratama yang tersebar di wilayah tanah air. Salah satunya adalah penempatan kantor pelayanan pajak pratama di Manokwari, Papua. Dari Jakarta, Manokwari bisa ditempuh dengan perjalanan udara dengan waktu kurang lebih enam jam. KPP Pratama Manokwari merupakan tulang punggung pelayanan administrasi perpajakan terhadap masyarakat dengan cakupan wilayah meliputi Kabupaten Manokwari, Wondama dan Bintuni, dengan total luas wilayah kurang lebih 37 ribu kilometer persegi.

Dengan cakupan wilayah tersebut, KPP Pratama Manokwari mengemban tugas untuk meraih penerimaan negara dari sektor pajak sebesar 854 miliar rupiah. Target tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 716 miliar rupiah.

Berdekatan dengan penduduk setempat, merupakan tantangan tersendiri bagi para pegawai KP2KP Bintuni. Sebab penanganan dan penyuluhan tentang kesadaran membayar pajak dilakukan dengan pendekatan yang berbeda, yakni berbaur dengan penduduk setempat. Wilayah Bintuni juga merupakan wilayah transmigrasi sehingga banyak masyarakatnya yang berasal dari daerah lain di Indonesia.

Apapun itu tantangan yang dirasakan para pegawai pajak yang bertugas di KP2KP Bintuni, harus dilalui dengan sepenuh hati dan keikhlasan. Sebab di tangan merekalah negara bergantung untuk mensosialisasikan kesadaran masyarakat di pedalaman untuk berpartisipasi dalam pembangunan dengan cara membayar pajak.

Berikut video menggali penerimaan pajak dari tanah Papua: