Video Ditjen Pajak terus tingkatkan SDM yang berkualitas

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang tinggi. Kompetensi itu meliputi bidang yang dikelolanya. Sehingga dapat menerjemahkan undang-undang perpajakan dan melaksanakannya dengan integritas yang tinggi pula.

Terlebih, para pegawai pajak juga harus mampu berdampingan dengan kemajuan teknologi untuk menunjang misi institusi yakni mengamankan target penerimaan negara dari sektor pajak. Tugas yang diemban para pegawai pajak ini pun tidaklah ringan.

Karena itu, Ditjen Pajak berusaha untuk melakukan pola rekrutmen yang ketat dan membangun kompetensi para pegawai melalui pelatihan yang dilakukan secara berkala. Sejumlah pelatihan tersebut dilakukan Ditjen Pajak melalui pelatihan jangka pendek dan jangka panjang. Saluran untuk melakukan beragam pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dilakukan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak (Pusdiklat) yang berada di bawah naungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Untuk merealisasikan target penerimaan pajak, yang mengalami peningkatan setiap tahun, Ditjen Pajak akan menambah pegawai pajak yang dilakukan secara bertahap hingga lima tahun ke depan. Selain itu, Ditjen Pajak juga telah banyak melakukan perubahan organisasi dengan pola mutasi yang cepat.

Profesionalisme, kompetensi, dan integritas yang tinggi dari para pegawai pajak sangat dibutuhkan demi tercapainya target penerimaan negara dari sektor pajak. Namun hal tersebut takkan berarti tanpa adanya kesadaran dari masyarakat Indonesia untuk melakukan kewajiban perpajakannya sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Berikut video Ditjen Pajak terus tingkatkan SDM yang berkualitas: