Tax Knowledge Base, sumber informasi agen Kring Pajak 500200

Dalam melayani wajib pajak melalui saluran telepon, seluruh agen dibantu dengan aplikasi yang berisi sejumlah peraturan perpajakan di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Aplikasi tersebut bernama Tax Knowledge Base. Sejak adanya call center Ditjen Pajak di tahun 2008, Tax Knowledge Base ini senantiasa diperbaharui, diupdate, dan dimutakhirkan sampai dengan sekarang.

Hal ini sangat membantu dalam perkembangan pelayanan informasi perpajakan. Perkembangan tax knowledge base termasuk salah satunya Tax Knowledge Base yang menjadi back officenya Kring Pajak 500200 sampai dengan tahun 2011. ini mempunyai peranan penting untuk terus mengupdate dan mendukung informasi perpajakan bagi para dari agen.

"Sejak 2012 sampai dengan sekarang ini, Tax Knowledge Base tidak hanya dipakai para agen call center, namun juga bisa diakses para pegawai Ditjen Pajak di Indonesia," kata Kepala Seksi Pemutakhiran Tax Knowledge Base Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas), Dadi Gunadi.

Teknologi Tax Knowledge Base berupa peraturan perpajakan dan pengetahuan perpajakan. Ada beberapa menu terkait peraturan. Pertama, peraturan perpajakan yang terkait kurs pajak. Setiap hari Rabu, seminggu sekali akan diupdate.

Kemudian ada peraturan perpajakan yang terus dimutakhirkan terkait informasi peraturan perpajakan. Baik itu peraturan jenis pajak PPh, PPN, dan PBB. Meski sekarang PBB khusus pedesaan dan perkotaan dilimpahkan ke Pemda.

Lalu ada menu Tax Treaty, berisi perjanjian perpajakan internasional. Ada juga menu-menu yang membantu wajib pajak, apabila menghubungi Kring Pajak 500200.

"Ini untuk menanyakan mereka terdaftar atau dimana mereka bisa berhubungan dengan kantor pajak yaitu ada di menu alamat unit Ditjen Pajak. Kemudian juga bagi para pegawai bisa juga mendownload formulir terkait perpajakan, baik itu untuk melaporkan, maupun untuk melayani para wajib pajak," jelasnya.

Di tampilan beranda atau home dari aplikasi Tax Knowledge Base ini, terdapat 3 hal peraturan terbaru. Kalau ada peraturan terbaru, memang akan muncul di halaman depan. Lalu ada menu peraturan perpajakan dengan mencari yang menggunakan kata kunci.

"Dengan hanya satu kata kunci, misalkan pajak penghasilan. Kalau kita masuk ke pajak penghasilan maka semua peraturan terkait pajak penghasilan akan muncul," imbuhnya.

Di sini para pegawai juga yang sharing knowledge. Sehingga bisa saling belajar dari teman-temannya. Contoh cara menangani SSP palsu. Ini bisa dibaca oleh teman-teman yang lain.

"Penggalian di potensi pajak, kita sharing sehingga teman-teman di kantor lain bisa mempelajarinya."