Romi Herton: Pajak yang Anda Bayar Untuk Kesejahteraan Rakyat

Wali Kota Palembang H Romi Herton MH setuju akan kebijakan pengelolaan pajak untuk mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi semua masyarakat. Sayangnya hingga kini kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dengan jujur dan benar masih minim.

"Kita imbau pada semua masyarakat untuk sadar dan tahu kewajibannya sebagai warga negara yang baik untuk bisa taat mambayar pajak, karena pajak dikelolah negara untuk kesejahteraan rakyat," ujar Romi yang dilantik menjadi Wali Kota, Minggu 21 Juli 2013.

Meski masyarakat perlu dan harus ditingkatkan lagi kesadarannya membayar pajak, namun bukan hanya kewajiban membayar pajak saja yang perlu ditingkatkan tapi juga pemanfaatan dan pengolaan potensi pajak harus ditingkatkan lagi.

Lahan kosong atau lahan tidur harusnya bisa ditingkatkan manfaatnya. Jika lahan ini difungsikan sebagai pembangunan maka nilai efisiensi dan manfaatnya bagi masyarakat juga meningkat. Jika manfaatnya meningkat maka nilai objek pajaknya juga bakal meningkat. Meningkatnya objek pajak yang dibayarkan tentu saja akan semakin membuat pajak yang dihimbun lebih besar dan dikelolah maksimal oleh pemerintah.

Romi pun menilai selain masih kurangnya kesadaran masyarakat mambayar pajak, gaji pengelolah pajak yang masih minim juga disinyalir membuat petugas pajak bekerja belum maksimal. Harusnya petugas pajak mendapatkan gaji lebih besar atau sepadan dengan biaya operasional SDM di negara luar negeri yang mencapai 3 persen dari total biaya operasional.

Meningkatnya gaji atau pendapatan petugas pajak maka kesadaran dan tanggung jawab kinerjanya juga bakal meningkat sehingga akan menjalankan tugas penagihan pajak secara maksimal.

Romi mengatakan jika kewajiban pembayaran pajak bukan hanya kewajiban individu dan perusahaan saja tapi juga kewajiban para pemegang saham. Dia mengakui jika selama ini pemegang saham masih minim kesadaran untuk membayar pajak dengan alasan pajak itu kewajiban perusahaan membayarnya.

Untuk meningkatkan kesadaran inilah Romi berharap makin gencar dilakukan sosialisasi dan himbauan untuk semakin meningkatkan pendapatan sektor pajak.

Untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan pajak Romi juga sepakat untuk mengelolah pajak secara transparan. Seperti yang telah diterapkan Pemkot Palembang selama ini. Semua aktivitas penggunaan uang pengelolaan pajak selama ini telah dikelolah dengan baik dan transparan seperti halnya pemaparan penggelolaan APBD Palembang tiap tahunnya. Pemaparan pengelolaan APBD dilakukan secara terbuka dan tranpasran dalam sidang paripurna.

"Pemkot Palembang telah lama menerapkan sistem pengelolaan pajak secara transparan seperti halnya alokasi APBD," tutup Romi Herton.