Pembiayaan Negara 70 persen dari pajak

Dalam meningkatkan pembangunan, Ibukota Jakarta tentu membutuhkan anggaran yang besar. Tak dipungkiri, jika anggaran dalam pembangunan Ibukota juga berasal dari pajak. Bahkan anggaran dari pajak itu mencapai 70 persen.

"Selalu kita sampaikan bahwa penerimaan anggaran kita dari pajak, 70 persen. Kemudian sangat ketergantungan sekali Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita pada pajak dan saya kira kalau distribusi penerimaan dari pajak ini benar, akan bisa mendistribusikan kekayaan dari yang mampu ke yang tidak mampu," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi ini, jika penerimaan negara bertambah baik lewat ekstensifikasi maupun intensifikasi, maka percepatan pembangunan terutama infrastruktur dan yang lain yang dibutuhkan rakyat akan bisa tercapai lebih cepat dan lebih baik lagi.

Dalam melakukan sosialisasi perpajakan, Jokowi mengusulkan agar sosialisasi bisa dilakukan dengan gambar-gambar. Misal menjelaskan kepada masyarakat kalau ada sebuah jembatan dan jembatan ini pembuatannya dananya berasal dari sektor pajak.

"Yang simpel-simpel saja. Jalan jadi mulus dari mana duitnya, dari pajak. Subsidi pendidikan, kesehatan dari mana, dari pajak juga," ujarnya.

Jika tidak dilaksanakan seperti itu, maka masyarakat tidak akan mengerti dari mana sebenarnya dan ke mana APBN itu diturunkan.

"Banyak orang yang belum tahu 70 persen APBN kita dari penerimaan pajak," ungkapnya.