Universitas Bunda Mulia Gelar Festival Pajak 2017

Universitas Bunda Mulia Gelar Festival Pajak 2017

Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jakarta Utara bekerja sama dengan Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (UBM) menyelenggarakan Festival Pajak tingkat nasional  di kampus UBM jalan Lodan Raya Jakarta Utara, Rabu (27/09). Acara ini bertema “Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak di Masyarakat”.

Festival ini diikuti oleh 60 tim dari 30 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berasal dari 6 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.  Dari 60 tim tersebut diseleksi melalui tes tertulis tentang pengetahuan perpajakan dan dipilih 20 tim terbaik yang kemudian diadu dalam sesi cerdas cermat untuk mendapatkan 4 tim terbaik.  Empat tim tersebut akan mengikuti lomba orasi perpajakan.

Acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB di The UBM Grand Auditorium Lantai 8 Gedung UBM, dimulai dengan tes tertulis untuk keseluruhan tim .peserta. Dalam pembukaan, Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara, Pontas Pane, menyampaikan harapan di masa yang akan dating, perpajakan Indonesia akan dikelola dengan lebih baik oleh generasi mendatang, yaitu para mahasiswa di masa sekarang yang telah memiliki kesadaran pajak sejak dini.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik UBM, Kandi Sofia Dahlan, menyampaikan bahwa para mahasiswa yang hadir saat ini harus mampu menjadi agen perubahan (change agents) di bidang penyadaran perpajakan kepada masyarakat, karena banyak anggota masyarakat yang belum menyadari bahwa fasilitas yang mereka nikmati selama ini merupakan manfaat dari pajak yang dibayar masyarakat.

Dalam acara ini juga disampaikan sosialisasi perpajakan oleh Max Darmawan, Kepala Bidang Keberatan Banding dan Pengurangan serta Cahyonandi Wardono, Kepala Seksi Bantuan Hukum , Pelaporan, dan Kepatuhan Internal Kanwil DJP Jakarta Utara, dengan materi Menumbuhkan Kesadaran Pajak.

Acara berakhir pada 15.00 WIB dengan hasil lima tim terbaik yang memenangi kompetisi perpajakan ini sebagai berikut:

  • Juara 1 Politehnik Keuangan Negara STAN
  • Juara 2 Universitas Bunda Mulia
  • Juara 3 Universitas Bina Nusantara
  • Juara 4 Universitas Indonesia